Mengenai Piston, Poros Engkol dan Mekanisme Katub

Halo sahabat borisinil dan pecinta otomotif, sudah seperti apa motor kamu sekarang? Kalini kita akan membahas mengenai "Fungsi Piston, Poros Engkol dan Mekanisme Katub" dan  Berikut ini adalah penjelasan lengkap nya.

Penjelasan dari sub bagian mesin yaitu:

  1. Busi (Spark Plug)
  2. Piston (Seker)
  3. Mekanisme penggerak katup
  4. Saluran Masuk dan Buang
  5. Water Jacket

Spark Plug Atau Busi

Busi atau yang biasa disebut Spark Plug berfungsi untuk memercikan bunga api listrik yg menyebabkan terjadinya pembakaran pada mesin .Busi pada mesin diesel tidak digunakan untuk memercikan bunga api tetapi hanya memanaskan suhu pada ruang bakar .Hak paten untuk busi diberikan secara terpisah kepada Nikola Tesla ,Richard Simms ,dan Robert Bosch .Karl Benz juga merupakan salah satu yg dianggap sebagai perancang busi.

Piston (Seker)

Gambar Piston (Seker)
Gambar Piston (Seker)
Piston pada mesin pembakaran dalam digunakan untuk melakukan langkah kerja yaitu langkah hisap ,kompresi ,usaha ,dan buang .Piston bergerak didalam silinder secara naik turun ,gerakan naik turun ini diubah menjadi gerak putar oleh crankshaft ,piston ini dihubungkan ke crankshaft oleh batang piston dan pena torak .Karena piston bekerja pada tekanan tinggi ,maka piston dibuat dari campuran aluminium ,piston juga dilengkapi dg cincin/ring kompresi dan ring oli ,cincin ini tetap dan mengikuti gerakan piston ,fungsi dari ring piston adalah untuk mencegah terjadinya kebocoran oli ato bahkan kebocoran kompresi .

Fungsi, konstruksi dan bahan Piston (Seker)


  1. Penerima tenaga pembakaran
  2. Meneruskan tenaga pembakaran
  3. Membawa cincin torak sebagai pengikat dan menyapu dinding silinder
Proses kerja torak/ piston adalah bergerak secara translasi didalam silindr untuk ,melakukan langkah hisap ,kompresi ,usaha dan buang .Juga dilengkapi dg cincin torak yg terdiri dari cincin oli dan cincin kompresi yg terletak di bagian atas torak.

Torak dihubungkan ke crank journal oleh batang torak yg terhubung ke torak melalui pena torak. Torak terbuat dari paduan aluminium .Sehingga torak jadi lebih ringan tapi sensitive terhadap pemuaian ,jadi lebih sering digunakan pada motor bensin . Sedangkan untuk motor diesel terbuat dari besi tuang kelabu. Dari bentuknya torak dibdakan menjadi tiga yaitu ,torak berkepala cekung ,tidak beraturan (ireguler head ) dan kepala rata.

Celah antara torak dan silinder secar umum adalah 0,02-0,05 mm ,bila terlalu kecil torak akan bergesekan dgn dinding silinder dan mengakibatkan kerusakan ,sebaliknya jika terlalu besar akan terjadi kebocoran ke ruang engkol hal ini disebut dengan blow by.

Crankshaft atau Poros Engkol

Poros engkol berfungsi untuk mengubah gerak bolak-balik dari piston menjadi gerak putar .Poros engkol terhubung dg roda gila ato fly wheel ,fly wheel berguna untuk menstabilkan putaran dan menyeimbangkan putaran .

Mekanisme Penggerak Katup

Mekanisme penggerak katup adalah seluruh komponen yg bekerja mengerakan katup membuka ato menutup.

Komponen:
  1. Poros bubungan
  2. Pengangkat ( lifter)
  3. Pendorong ( push rod )
  4. Lengan penekan ( rocker arm )
  5. Pegas (spring )
Lima (5) Komponen diatas adalah yg sering digunakan pada mesin ohv (overhead valve) .Komponen penggerak katup juga dipengaruhi oleh tata letak katup pada engine ,maka dikenal susunan katup dikepala dan katup di sisi atopun penggabungan dari keduanya .Dari penempatan katup dan mekanisme penggeraknya dikenal dg sebutan katup dikepala ohv ( overhead valve ) dan poros bubungan di kepala overhead camshaft (ohc) .

Ohv (Over head valve)

Proses mekanisme katupnya dimulai dari proses bubungan yg ditempatkan pada blok motor, kenudian bubungan/ cam menggerakan pengangkat/lifter ,batang pendorong ,lengan pendorong dan katup ,serta pegas katup.
Ohv (over head valve)
Ohv (over head valve)

Cara kerja Ohv (Over head valve)

Ketika poros engkol berputar 2x maka poros bubungan bergerak 1x ,kemudian lifter mengankat push rod ,rocker arm terdorong menekan batang katup dan katup menjadi terbuka .Saat lifter sudah turun maka seluruh komponen tadi ikut turun dan katup kembali tertutup yg dibantu oleh pegas pengembali/spring.

Jenis poros bubungan di kepala (overhead camshaft)
over head camshaft
over head camshaft
Tipe camshaft jenis ini poros bubungannya berada di atas kepala silinder dan langsung berhubungn dengan katup tanpa memerlukan pengankat dan lengan penekan.

Aliran Air Pendingin ato Water jacket

Water Jacket merupakan saluran dimana cairan pendingin bersirkulasi mendinginkan mesin ,coolant hanya akan bersirkulasi jika temperatur mesin sudah tinggi melewati batas suhu pembakaran .Waktu coolant bersirkulasi diatur oleh termostat.

Nah, itulah sedikit pembahasan "Mengenai Piston, Poros Engkol dan Mekanisme Katub" sekian dari rasya dan sampai jumpa pada pembahasan tentang otomotif selanjut-nya.

Post a Comment

Previous Post Next Post