Cara Mengetahui Radius Perlindungan Penangkal Petir (Grounding)

Radius Perlindungan atau "Degree of protection" dari sebuah Grounding atau biasa kita sebut dengan penangkal petir, dapat di hitung berdasarkan tinggi ROD penangkal petir tersebut. Cara mengetahui luas jangkauan/radius perlindungan Grounding kali ini masih sama dengan artikel saya yang sebelumnya Cara Menentukan Tinggi Tiang ROD Penangkal Petir (Grounding). Yaitu dengan menggunakan rumus segi tiga siku dan rumus lingkaran. Ini akan sedikit mudah untuk pemahaman dasar dasar Grounding (penangkal petir).
Cara Mengetahui Radius Perlindungan Grounding (Penangkal Petir)
Grounding Masjid Sabilun Najah, Kompleks MKGR Batu Aji, Jl. Mayjen. R.H. Sugandi No. 1, Sagulung, Kibing, Batu Aji, Kota Batam, Kepulauan Riau 29424
Degree of protection Penangkal petir memiliki nilai sudut perlindungan 120 derajat, ini sudah di tentukan dalam perhitungan ilmu Grounding oleh para ilmuan fisika dan telah menjadi ketetapan hingga saat ini. Lalu Bagai mana cara menghitung luas radius perlindungan suatu grounding berdasar kan tinggi tiang rod penangkal petir? simak langkah langkah berikut ini.

Sebagai contoh katakan lah tinggi tiang rod penangkal petir adalah 10 meter dan Degree of protection Penangkal petir memiliki sudut 120 derajat. sebelumnya harap perhatikan gambar di bawah ini yang menggambarkan nilai sudut/Degree of protection dari suatu grounding/penangkal petir.
Degree of protection Penangkal petir memiliki sudut 120 derajat
Degree of protection Penangkal petir memiliki sudut 120 derajat
Maka untuk menghitung luas radius perlindungan yang dapat di jangkau oleh suatu grounding atau penangkal petir adalah sebagai berikut.
  1. Diketahui tinggi rod grounding adalah 10 meter.
  2. Sudut segitiga siku dalam rumus matematika adalah 180 derajat (90 derajat, 60 derajat dan 30 derajat)
$ads={2} Sebelumnya saya mohon maaf saya telah merangkum rumus cara menggitung "radius grounding" ini dalam sebuah gambar, saya tidak dapat menuliskan rumus matematika di blog ini karena keterbatasan ilmu komputer saya. harap maklum saya hanya seorang electrikal dan bukan lah ahli komputer. jadi mari kita perhatikan gambar Rumus menghitung radius perlindungan Grounding (penangkal petir) di bawah ini.
Rumus menghitung radius perlindungan Grounding (penangkal petir)
Cara Menghitung Radius Perlindungan Grounding (Penangkal Petir)
Penjelasan:
  1. Degree of protection yang membentuk sudut 120 derajat (segi tiga sama kaki) kita kecil kan menjadi segi tiga siku seperti terlihat pada gambar.
  2. Sudut 90, 60 dan 30 derajat adalah ilmu pasti dalam perhitungan segi tiga siku.
  3. 10 kali (x) akar tiga adalah nilai alas segi tiga siku. belum menjadi luas keseluruhan Radius Perlindungan/Degree of protection Grounding (Penangkal Petir)
Dengan mengetahui nilai alas segi tiga tersebut maka kita akan segera mengetahui juga luas jangkauan Radius Perlindungan Grounding (Penangkal Petir) dengan tinggi tiang rod 10 meter. Nilai alas segi tiga siku 10 akar 3 = 17.321 meter.

Maka untuk mendapat kan nilai luas radius perlindungan penangkal petir (Degree of protection) kita dapat menggunakan rumus menghitung luas lingkaran dengan menjadikan 17.321 meter sebagai jari jari. L = Ï€ x r x r (Radius Perlindungan Penangkal Petir = Ï€ x 17.321 x 17.321)

Rumus lingkaran ini sudah banyak terlupakan semenjak jaman digital. jadi kita dapat menggunakan kalkulator scientifik untuk mengetahui hasil nya. Artikel ini hanya untuk pembelajaran saja agar kita tidak kehilangan kemampuan berhitung dan berfikir. Dengan mengetahui demikian sebagai seorang electrikal atau Grounding master kita dapat mem persentasekan atau menjelas kan point point penting dalam tekhnik pemasangan grounding penangkal petir. semoga bermanfaat.

Post a Comment

Previous Post Next Post