Teknik Paralel Antar Stop Kontak

Teknik Paralel Antar Stop Kontak - Apa yang dimaksud dengan paralel antar stop kontak? paralel antar stop kontak adalah menghubungkan stop kontak dari stop kontak 1 ke stop kontak lainnya pada satu line, ada juga yang menyebut nya dengan istilah jumper stop kontak ke stop kontak (jumper stop contact to stop contact). Teknik instalasi seperti ini sering dilakukan pada ruangan khusus yang membutuhkan banyak stop kontak, namun yang paling sering di temukan dalam suatu instalasi adalah jumper stop kontak ke saklar (switch).

Sebenar-nya jika pada instalasi baru kita bisa saja menggunakan stop kontak ganda (double stop contact) atau jika sangat di perlukan kita bisa menggunakan multi stop kontak. Tapi pada instalasi penambahan, akan lebih mudah menggunakan teknik paralel antar stop kontak seperti ini.
Teknik Paralel Antar Stop Kontak
Teknik Paralel Antar Stop Kontak
Penting: Jika kamu bukan elektrikal propesional sebaik nya matikan terlebih dahulu MCB yang ada pada meteran listrik anda sebelum memulai pekerjaan ini guna menjaga keselamatan diri agar tidak ter-setrum. Selanjut nya ikuti petunjuk gambar di bawah ini, saya telah menyiapkan sebuah diagram paralel (jumper) stop kontak ke stop kontak.
Wiring Diagram Paralel Antar Stop Kontak
Wiring Diagram Paralel Antar Stop Kontak
Keterangan:
  • Stop kontak ini adalah jenis stop kontak 3 kaki (Three pin socket) biasa juga di sebut dengan type "G".
  • Pada setiap pembelian stop kontak 3 kaki seperti ini umum nya sudah di lengkapi dengan symbol L,N dan Ground (⏚).
  • Warna kabel bisa saja tidak sama dengan yang ada pada rumah anda, pastikan dengan jelas kamu mengetahui Phase=Api (Arus listrik positif) dengan mengujinya menggunakan testpen.
  • Kemudian ikuti pemasanga kabel stop kontak seperti yang terlihat pada contoh gambar diatas.
  • Input Phase ke stop kontak 1 kemudian di jumper ke stop kontak 2 begitu juga dengan Netral dan kabel Grounding-nya.
Selesai, demikian saja penjelasan mengenai cara menghubungkan (paralel) stop kontak ke stop kontak. saya kira dengan melihat gambar diagram di atas sudah cukup untuk memahami-nya. Hanya tinggal menjaga sfty (keselamatan kerja) saja. Jika kamu takut meng-koneksi nya dalam keadaan listrik menyala maka sebaik nya putus dulu aliran listrik dengan mematikan MCB.

Post a Comment

Previous Post Next Post