0 Comment
A+ A-

SEO Blogger - Platform Blogger.com pada dasarnya sudah di desain atau sudah memiliki fitur yang mendukung pengoptimalan mesin telusur "search engine optimizer" atau umum disebut SEO (Search Engine Optimization). Hanya saja mungkin banyak blogger pemula kurang mengerti bagaimana seharusnya menggunakan blogger agar web/blog lebih SEO Friendly dan dapat bersaing di laman hasil penelusuran (Google, Bing, Yahoo dan Yandex).

Manfaat dan Tujuan SEO (Search Engine Optimization)

  • Meningkatkan volume trafik organik
  • Menargetkan konten ke audiens (calon pengunjung) yang tepat
  • Mempertahankan PageRank (Ranking) halaman secara terus-menerus
Jadi pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips dan trik seo pada platform blogger dengan mengoptimalkan "Setup" beberapa pengaturan dan fitur pendukung web blogger. Berikut langkah-langkah SEO yang harus dilakukan.
SEO Blogger (Search Engine Optimization)

Optimasi Header Blog & Keyword

Buatlah nama dan domain unik untuk situs blog anda misalnya "Borisinil" dan url yang digunakan borisinil.blogspot.com atau borisinil.com untuk custom domain.
[ads-post]
Kemudian aktifkan <meta> Description dan isi deskripsi blog dengan kalimat yang mengandung kata kunci yang memberikan gambaran tentang judul dan nice situs.
Meta description blogger
Meta description blogger
Meta description berfungsi untuk menampilkan cuplikan "keterangan" tentang informasi sebuah laman web di laman hasil pencarian. Cuplikan atau paragraf pendek yang ditampilkan pada deskripsi situs sangat membantu untuk meningkatkan jumlah klik (trafik) situs.
Deskripsi Penelusuran Blog
Deskripsi Penelusuran Blog
Pada dasarnya fungsi deskripsi adalah untuk memberikan informasi yang lebih jelas kepada user mengenai url web yang mereka lihat di laman hasil pencarian, terkadang mesin pencari juga memanfaatkan kata kunci yang ada pada deskripsi jika kata kunci yang cari oleh user tidak ditemukan di dalam laman web.

Mengoptimalkan Konten Blog

  1. Buatlah judul konten "artikel" dengan kalimat yang jelas dan singkat
  2. Hindari penggunaan kata yang berulang pada judul artikel.
  3. Hindari penggunaan URL yang terlalu panjang pada url konten/artikel.
  4. Sisipkan kata kunci pada judul artikel, URL dan deskripsi artikel.
1. Teknik Penulisan Artikel dan Keyword

Konten "Artikel" yang SEO Friendly memiliki 3 ciri khas yaitu; Deskriptif, Informatif dan Fresh atau ide baru, jika 3 ciri tersebut sudah terpenuhi 80% artikel sudah seo friendly, untuk mendapatkan nilai atau ranking yang lebih di search engine sedikit tambahan teknik seo perlu diterapkan untuk mengoptimalkan konten / artikel, berikut penjelasan lengkap nya;
  • Buatlah konten atau artikel dengan penjelasan yang lengkap dan tidak bertele-tele.
  • Gunakan "bullet list" untuk mengumpulkan poin-poin materi.
  • Gunakan long tail keyword untuk mendukung kata kunci utama artikel.
  • Buat deskripsi artikel dengan kalimat jelas (deskriptif) dan berisi kata kunci
  • Gunakan subheading (heading tag) pada artikel yang panjang
  • Hubungkan antar artikel yang memiliki keterkaitan yang sangat dekat dengan menggunakan tautan.
  • Gunakan atribut "nofollow" pada url pihak ketiga atau external links.
2. Optimasi Multimedia "Gambar atau Image"

Salah satu perayap google yang paling berpengaruh terhadap indexing dan crawling situs web adalah googlebot-image, Itu sebabnya di dalam sebuah artikel hendaknya disertakan multimedia pendukung misalnya seperti gambar, tujuan-nya agar artikel lebih mudah dikenali dan dapat ditemukan di laman hasil pencarian dengan banyak cara.

Untuk memaksimalkan perayapan "googlebot-image" terhadap laman web atau artikel perlu dilakukan beberapa pengoptimalan pada gambar artikel yaitu;
  • Tambahkan Caption dan Tag Alt Image pada gambar yang di upload kedalam artikel
  • Sisipkan kata kunci utama artikel pada teks Caption dan Tag Alt Image
  • Gunkan file gambar yang sesuai dengan standard web (PNG, JPG, GIF, and SVG)
  • Hindari penggunaan gambar diatas 500kb
Selain memaksimalkan konten di mesin telusur, penggunaan gambar dengan size yang lebih kecil juga bermanfaat untuk menjaga kecepatan pemuatan "loading" situs web/blog.

SEO Strategy

Apa yang dimaksud dengan SEO Strategy? Mengapa SEO membutuhkan strategy? Selain mengoptimalkan konten dan keyword, Optimasi SEO juga membutuhkan strategy untuk menunjang konten yang sudah dioptimalkan di mesin telusur dan berikut ini adalah beberapa strategy yang harus diterapkan dalam Optimasi SEO Blogger.

1. Membuat Navigasi Situs Yang Jelas
  • Kelompokkan artikel dengan menggunakan tag label
  • Hindari penggunaan tag label yang berlebihan (Ideal nya 1 hingga 2 tag label)
  • Hindari penggabungan tag label yang berlawanan misalnya "SEOCooking", yang benar adalah "SEO, Blogging".
Fungsi tag label pada dasarnya adalah untuk membuat kategori artikel/mengelompokkan konten berdasarkan kategori, kemudian didukung dengan Breadcrumb akan memudahkan mesin pencari menemukan konten atau artikel berdasarkan kategori (tag label).

2. Optimasi Blog di Sosial Media
Mengapa harus mengoptimalkan blog di sosial media? Dalam dunia blogging sosial media merupakan alat promosi situs/konten yang paling efektif, secara tidak langsung grafik lalu lintas (trafik) yang diperoleh melalui sosial media juga mempengaruhi "memberikan pengaruh baik" terhadap rating konten dan situs itu sendiri di search engine dan yang harus dilakukan untuk mengoptimalkan situs web di sosial media adalah;
  • Mengatur thumbnail share posts dan header blog agar lebih menonjol di Sosial Media (Facebook, Twitter, Gplus, Pinterest, LinkedIn dan sebagainya)
  • Membuat laman sosial media yang serupa dengan nama (judul situs web), ini bertujuan agar keyword situs dapat mendominasi halaman hasil penelusuran search engine "google".
  • Kaitkan laman sosial media dengan situs blog untuk membangun backlink positif
  • Bagikan setiap post yang di publikasikan di situs blog ke laman sosial media, untuk mendongkrak keterlihatan (Fanspage Facebook, Twitter, Gplus, Pinterest, LinkedIn dsb) dilaman hasil pencarian search engine.
Sebagai contoh optimasi SEO dengan memanfaatkan sosial media, cobalah ketikkan Keyword "Halaman Kepri" di penelusur anda, hampir 100% laman hasil pencarian dikuasai sepenuhnya oleh situs tersebut.

3. Memaksimalkan Kecepatan Pemuatan Situs
  • Asynchronous bundling javascript yang memblokir rendering
  • Kurangi penggunaan inline css pada html situs
  • Minify JavaScript, CSS dan HTML Situs
  • Gunakan Tag DNS Prefetching, atau
  • Gunakan template AMP jika memungkinkan.
Prioritas utama google pada mesin pencari adalah mengutamakan kenyamanan kepada pengguna-nya khususnya pengguna mobile device. Oleh sebab itu google mengajak semua pengembang situs untuk membuat website yang mobile friendly (ramah seluler), Dan bukan rahasia umum jika google memprioritaskan situs yang lebih cepat di mesin pencarian nya.

4. Membantu Penelusur Menemukan Konten Situs
  1. Hindari pencekalan perayapan yang berlebihan oleh robots.txt
  2. Submit sitemap atau peta situs ke webmaster tools "Google Search Console"
  3. Tambahkan Breadcrumb ke situs web/blog
  4. Aktifkan/Buat Tag lokasi untuk mengoptimalkan konten di pencarian lokal
  5. Gunakan meta keyword blogger
  6. Perbaiki markup structured data situs
Lakukan hal serupa "submit sitemap" pada webmaster bing, yahoo dan yandex agar konten situs (artikel) dapat ditemukan di laman hasil penelusuran mereka.

5. Membangun Backlink Secara Berkala
Setiap konten situs blog yang sudah di index oleh perayap google umumnya sudah mendapatkan backlink (tautan balik) dari google, namun itu belum cukup untuk meningkatkan rating situs karena situs web lain juga mendapatkan backlink serupa, berikut tips membangun backlink situs;
  • Upload file video atau gambar original ke dalam konten situs (file original merupakan umpan untuk mendapatkan backlink berkualitas ketika file dipinjam oleh situs lain)
  • Berkomentar di situs-situs populer secara berkala dan pilih situs yang menggunakan kolom komentar dengan link situs (Forum profile).
  • Menulis di blog guest posts atau forum-forum terbuka.
Terakhir kaitkan situs blog dengan Google Analytics, bagian ini sebenarnya hanya untuk menganalisa kinerja situs baik performa maupun keberadaan situs di laman hasil penelusuran, melalui hasil analisa tersebut kita dapat memutuskan langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk menunjang perkembangan situs dan pengoptimalan mesin telusur (SEO).

Tutorial diatas merupakan gabungan teknik SEO On-Page dan SEO-Off  Page, diterapkan dengan benar maka situs blog sudah tergolong seo friendly sehingga hampir tidak perlu lagi mempelajari teknik SEO On-Page dan SEO-Off  Page melainkan hanya memahami dasar-dasar materi nya saja.