Membuat Keamanan Akun Google

Akun Google atau akun gmail merupakan salah satu akun yang harus kita jaga "lindungi" tingkat keamanan nya. Kepopuleran akun gmail yang begitu sangat tinggi membuat sebagian pegiat internet jahat tergiur untuk mendapatkan atau membobol akun gmail orang lain. Sebelum membaca tutorial akun gmail ini mungkin kamu tidak akan percaya dengan yang saya ucapkan, kamu mungkin berfikir setiap orang bisa membuat akun google baru tanpa harus mengincar akun milik orang lain. Ya, tentu saja benar kita bisa saja membuat akun google baru dengan mudah tanpa harus mengusik akun google atau gmail orang lain.
Membuat Keamanan Akun Google
Membuat Keamanan Akun Google

Akan tetapi, beberapa hal yang perlu kamu ketahui adalah, bahwa akun gmail = akun google saat ini sangat berharga bagi orang-orang yang aktiv di internet. pasal nya akun google merupakan akun yang paling banyak digunakan untuk pembuatan situs, vlog dan youtube. Melalui akun telah banyak orang berhasil mendapatkan penghasilan bulanan berupa uang dari hasil pembuatan youtube maupun situs yang tentu saja akases untuk kesana adalah menggunakan akun google atau gmail.

Nah, jadi kamu sudah mengertikan kenapa kita harus melindungi dan meningkatkan tingkat keamanan akun google agar tidak di hack orang lain?

Cara Memprotect Keamanan Akun Google

Google sangat mengutamakan keamanan setiap akun gmail yang ada, oleh sebab itu google telahpun menyediakan feature keamanan berlapis untuk semua pengguna akun google, akan tetapi mungkin tidak semua orang mengerti cara melindungi akun google mereka. Maka dari itu mari kita simak tutorial singkat ini "Cara Membuat Keamanan Akun Google".

Langkah-langkah Melindungi Akun Google

  1. Login ke Account Google
  2. Pastikan kamu mencantumkan nomor kotak (nomor hp) kamu didalam akun google kamu
  3. Klik profil akun google kamu yang ada di sudut kanan atas, kemudian
  4. Klik akun google saya atau akaun saya, kemudian
  5. Pilih feature Login & Keamanan, lalu
  6. Pilih Verifikasi 2 Langkah dan klik Mulai untuk mengaktifkan feature tersebut
Pada tahapan ini biasa nya kamu akan diminta untuk memasuk-kan kembali parword akun google kamu, ikuti saja langkah tersebut hingga kamu login kembali baru kemudian aktifkan Verifikasi 2 Langkah untuk memprotect akun google kamu, pilih atau centang sms sebagai metode mendapatkan kode.

Apa Itu Verifikasi 2 Langkah Akun Google?

Verifikasi 2 Langkah merupakan key atau kunci pelapis pasword akaun google kamu, apabila kamu login di perangkat baru maka dengan menggunakan pasword saja itu tidak cukup, kamu harus memasuk-kan juga kode rahasia yang dikirimkan oleh google melalui sms ke nomor hp yang kamu cantumkan didalam akaun google kamu.

Begitu juga apa bila seseorang mencoba masuk ke akun google kamu tanpa seizin dan sepengetahuan kamu, google akan mengirimkan kode rahasia ke ponsel kamu dan secara otomatis kamu akan akan tahu bahwa seseorang telah mencoaba masuk ke akun pribadi kamu.

Bagaimana mengatasi nya bila itu terjadi? segera login ke gmail dan lihat kotak masuk yang dikirimkan oleh google. klik "ini bukan saya" dan secara otomatis ip yang dugunakan untuk mengakses akun google kamu akan diblokir dari "percobaan masuk ke email kamu".

Selain metode Verifikasi 2 Langkah ada juga metode kode cadangan, ini berfungsi untuk jaga-jaga apa bila kamu kehilang ponsel atau nomor hp kamu sehingga kamu tetap bisa login ke akun google kesayangan kamu dengan menggunakan pasword dan kode cadangan.

Bagaimana Jika Ponsel (Nomer Hp) di Curi Orang?

Umum-nya pencuri hp tidak kepikiran dengan akun google dan akun-akun lainnya yang dapat diakses melalui nomer hp kamu jadi sebaik nya tenang saja, jika kamu tidak merasa puas maka lanjutkan lagi membaca untuk mengatasi nomor hp dicuri orang lain.
  • Pastikan Nomor Hp diregistrasi sesuai dengan KTP (identitas)
  • Aktifkan Phone Lock dengan menggunakan pasword jika kamu menggunakan smartphone.
Dengan demikian mereka tidak akan bisa membuka smartphone kamu kecuali dengan di reset ulang sehingga menghilangkan semua data ponsel termasuk akaun google yang ada didalam-nya.

Langkah selanjut-nya segeralah urus kembali nomor hp kamu yang hilang dengan mendatangi kantor operator yang kamu gunakan. Jika itu benar-benar kamu lakukan maka akan sangat kecil kemungkinan akun google kamu dicuri atau di hack orang lain. Agar keamanan akaun google lebih terjamin, hindari pula login di perangkat atau di komputer yang bukan milik pribadi dan jika terpaksa login lah ditempat-tempat yang kamu percaya saja untuk melindungi akun google kamu.

Post a Comment

Previous Post Next Post