Instalasi Listrik 3 Phase Untuk Pemula

Instalasi Listrik 3 Phase Untuk Pemula - Setelah usai membahas tentang instalasi listrik satu phase kali ini kita akan merambah perlahan ke instalasi listrik 3 phase, artikel ini akan menjelaskan cara memasang instalasi listrik 3 phase dan cara instalasi listrik 3 phase ke 1 phase. Prinsip dasar instalasi penerangan listrik 3 phase tidak memiliki perbedaan dengan instalasi listrik satu phase, tanda kutip "untuk istalasi penerangan". karena ini hanya membahas tentang dasar-dasar instalasi listrik 3 phase saja maka saya tidak menjelaskan rumus-rumus system listrik 3 phase di sini.

Untuk level instalasi kita hanya perlu memahami cara menjadikan listrik 3 phase ke 1 phase, saya telah menggambar wiring diagram panel listrik 3 phase yang dapat membantu electrical pemula memahami dasar-dasar panel listrik 3 phase mari kita simak gambar berikut ini.

Instalasi Listrik 3 Phase Untuk Pemula
Instalasi Listrik 3 Phase Untuk Pemula
Pada bagian paling bawah diagram panel listrik 3 phase diatas saya menggunakan switch 40 amper sebagai switch utama instalasi listrik 1 phase nya. besar ampere harus nya di sesuaikan dengan kebutuhan penerangan gambar tersebut hanya sebagai contoh saja. saya fikir pada step ini masalah penerangan dari 3 phase ke 1 phase sudah kelar hanya tinggal mengaplikasikan nya saja ke jaringan nstalasi penerangan (1 phase).
Next step mengenai RSTN panel listrik 3 phase, pada gambar panel sederhana tersebut RSTN sudah di bagi masing masing menjadi 4 line (jalur) dan siap di aplikasikan ke 4 rungan misalnya pada gedung industri kecil. ini di sebut dengan instalasi panel to panel (panel ke panel).

Panel 3 phase ini masih dasar dasar nya saja, namun sudah siap untuk mendistribusikan arus listrik kemana saja sesuai yang di butuhkan, jika ingin memasang kabel power motor 3 phase misalnya, maka hanya tinggal menarik kabel RSTN masing masing 1 line ke posisi motor tersebut. sedangkan untuk panel control atau membuat stater motor 3 phase itu sendiri mungkin dapat mempelajari nya pada pembahasan yang lain. setelah mengetahui dasar-dasar intalasi listrik 3 phase ini maka akan semakin mudah mempelajari level selanjutnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post