Mengenal Input dan Output Unit MCB

Mengenal Input dan Output MCB (Miniature Circuit Breaker) - Assalamualikum para teknisi listrik beberapa waktu lalu ada yang menanyakan "kenapa jumper (incoming) mcb dari bawah kenapa tidak dari atas?" oleh sebab itu saya akan menjelaskan mengenai input (incoming) mcb dan output (outgoing) mcb. Mungkin masih ada para instalatir listrik yang bingung mana input dan yang mana output mcb yang benar.

Pada setiap unit mcb umum nya telah di beri petunjuk berupa simbol mcb & toggle switch dengan tanda angka 1 sebagai incoming dan angka 2 sebagai outgoing, namun hanya sedikit elektrikal yang membaca symbol mcb tersebut. Padahal symbol pada mcb tersebut merupakan petunjuk cara penggunaan/ pemasangan mcb tersebut. Mungkin anda telah sering melihat rangkaian mcb pada box/ panel listrik dan beberapa rangkaian menggunakan alat jumper mcb (Busbar) di bagian atas mcm dan beberapa rangkaian lain menjumper mcb dari posisi bawah. Sekarang mari kita kenali Input dan Output unit MCB yang sebenarnya.

Seperti yang saya jelaskan tadi setiap pabrikan memberi buku petunjuk penggunaan alat yang di produksi nya begitu juga dengan mcb namun petunjuk penggunaan mcb hanya berupa simbol saja, maka jika anda ingin tau mana yang benar input dan output mcb atas atau bawah ikuti saja simbol mcb tersebut sebab ia adalah produksi pabrikan ikuti lah petunjuk pabrikan karena mereka yang memproduksi mcb dan tentu itu benar.

Namun bukan berarti mereka yang menjumper mcb dari bawah itu salah, karena mereka adalah elektrikal yang memiliki ilmu listrik dan pengalaman. Meski mcb di jumper dari bawah hingga symbol angka 2 pada mcb menjadi input dan angka 1 menjadi output itu sama sekali tidak mempengaruhi kinerja maupun fungsi mcb tersebut. ia akan tetap berfungsi sesuai pada kaedah nya.

Sebagai perbandingan coba perhatikan pemasangan mcb pada kwh meter 1 pasa, umumnya akan terbalik dari simbol mcb/ petunjuk pabrikan mcb tersebut. jika kamu pernah mengerjakan tugas PLN maka kamu tidak akan pusing lagi Mengenal Input dan Output Unit MCB.

Lihat diagram gambar pemasangan mcb di bawah ini sebagai pedoman instalasi mcb (miniature circuit breaker).
Mengenal Input dan Output Unit MCB
Mengenal Input dan Output Unit MCB
Catatan: Artikel ini hanya untuk menentukan input (incoming) dan output (outgoing) mcb single pole saja, jika anda sedang memasang ELCB, RCCB dan MCCB sebaiknya ikuti petunjuk penggunaan ELCB, RCCB dan MCCB tersebut. Lihat simbol atau buku petunjuk yang ada untuk menghindari kesalahan pemasangan.

Post a Comment

Previous Post Next Post