3 Jenis (Tipe) Rangkaian Instalasi Listrik Rumah

Instalasi Listrik (3 Jenis (Tipe) Rangkaian Instalasi Listrik Rumah) - Dalam tehknik listrik cara pemasangan jaringan kabel instalasi listrik terdapat beberapa tipe atau (jenis) rangkaian instalasi listrik yang aman untuk rumah. kali ini saya akan membahas tentang jenis-jenis rangkaian instalasi listrik karena saya anggap ini perlu untuk di ketahui konsument ketika mereka ingin memasang instalasi listrik pada rumah mereka, selain itu artikel ini juga akan bermanfaat untuk para elektrikal agar mudah menjelaskan jenis rangkaian instalasi listrik yang aman untuk rumah konsument.

Pada saat bernegosiasi mengenai RAB (Rencana anggaran biaya) instalasi listrik kepada konsument sering kali kita di banding-bandingkan dengan elektrikal lain. Wajar saja itu hal yang biasa, namun jika kita mampu memberi penjelasan tentang jenis rangkaian instalasi listrik yang kita tawarkan kemungkinan pihak konsument tidak akan mengatakan "mahal" pada harga biaya pemasangan instalasi listrik yang kita minta.
Keterangan Diagram 3 Jenis (Type) Rangkaian Instalasi Listrik Rumah
Keterangan Diagram 3 Jenis (Type) Rangkaian Instalasi Listrik Rumah
Ketika para elektrikal (instalatir) ingin memberikan kualitas instalasi listrik yang baik tentu di butuhkan biaya yang baik juga. Baiklah langsung saja kita ke "3 Jenis (Tipe) Rangkaian Instalasi Listrik Rumah", Namun sebelumnya lihat keterangan gambar diagram rangkaian instalasi listrik di bawah ini agar mudah di mengerti.
3 Jenis (Type) Rangkaian Instalasi Listrik Rumah

Jenis-jenis Rangkaian Instalasi Listrik Yang Aman Untuk Rumah

Gambar diagram instalasi listrik rumah type 1 line
Gambar diagram instalasi listrik rumah type 1 line
Instalasi listrik single line (1 MCB) - Instalasi listrik single line banyak terdapat pada rumah rumah lama dan tidak memerlukan pemakaian listrik yang cukup besar, kisaran pemakaian listrik hanya 4 ampere hingga 6 ampere saja. Contoh instalasi listrik single line seperti gambar di bawah ini, di mana semua beban pemakaian listrik hanya di bebankan kepada satu line saja.

Instalasi listrik duo line (2 MCB) - Instalasi listrik seperti ini akan sedikit lebih mahal dan juga lebih aman serta lebih tahan lama dari instalasi listrik single line. karena instalasi listrik seperti ini memerlukan komponen rangkaian instalasi listrik yang lebih juga, beban pemakaian listrik di bagi menjadi 50% - 50% (fifty-fifty) dengan menggunakan dua pengaman instalasi listrik yaitu MCB (Miniature Circuit Breaker). Contoh instalasi listrik dua line adalah seperti gambar di bawah ini.
Gambar diagram instalasi listrik rumah type 2 line
Gambar diagram instalasi listrik rumah type 2 line
Instalasi Listrik Mutli Line (Multi MCB) - Instalasi listrik mutli line ini adalah jenis rangkaian instalasi listrik yang sangat aman dan sangat propesional. sebagai instalatir listrik biasa nya jenis instalasi listrik yang seperti ini yang akan saya tawarkan kepada konsument. karena jenis (type) rangkaian instalasi listrik multi line ini jauh lebih aman dari kedua rangkaian instalasi listrik di atas. selain itu jenis instalasi listrik multi line ini akan memanjakan konsument (pemilik rumah) ketika suatu saat terjadi konsleting listrik tidak semua listrik pedam (mati), melainkan hanya pada bagian yang korslet saja, sehingga terhindar dari kebakaran yang di sebabkan oleh korsleting listrik. MCB akan memblokir pasokan arus listrik yang mengarah ke tempat terjadinya korsleting listrik dan membiarkan yang lain menyala dengan baik.

Baca juga:
Biasa nya saya membagi line berdasarkan banyak nya ruangan dan AC (Air conditioner) yang di gunakan. Setiap AC akan di beri satu line tunggal. Dan setiap ruangan di beri satu line untuk pemasangan stop kontak dan lampu ruangan. Memang jenis rangkaian instalasi listrik seperti ini akan memerlukan biaya extra dan material yang cukup banyak, namun semua itu akan terbayarkan kerena rangkaian instalasi listrik ini sangat aman dan lebih tahan lama. Beban pemakaian listrik di bagi ke banyak line sehingga kabel instalasi tidak cepat panas dan tidak cepat rusak kerena beban setiap line sangat ringan. Contoh instalasi listrik multi line (multi mcb) adalah seperti gambar di bawah ini.
Gambar diagram instalasi listrik rumah type multi line
Gambar diagram instalasi listrik rumah type multi line
Dalam memilih type rangkaian instalasi listrik yang aman untuk rumah, maka di perlukan gambar yang dapat menjelaskan system rangkaian instalasi listrik tersebut. Di kota batam umumnya menggunakan instalasi listrik multi MCB, alhamdulillah kepedulian masyarakat batam untuk mengutamakan keselamatan sangat tinggi, mungkin kerena masyarakat batam terbiasa dengan aturan safty engineering ketika bekerja. sehingga tidak sulit menerapkan safty dalam keseharian di luar jam kerja.

Post a Comment

Previous Post Next Post