Penyebab Phase, Netral dan Ground Jadi Api Semua

Masalah listrik - mungkin semua tukang listrik pernah menemukan masalah seperti ini, jika stop kontak di testpen arus listrik ada (tespen menyala) tapi stop kontak tidak bisa di gunakan, bahkan untuk menyalakan tv tidak bisa. Masalah kelistrikan seperti ini adalah kebalikan dari konsleting listrik, karena salah satu kabel netral putus, sehingga meski phase (api) terlihat bagus listrik tidak bisa di gunakan. Lalu bagaimana jika stop kontak di tespen nyala semua? Phase, netral dan ground ada api (jadi phase semua) dan bagaimana mengatasi nya?
Stop kontak di tespen nyala semua
Masalah nya sama karena kebel netral (nol) putus sehingga menyebabkan Phase, netral dan ground menjadi api semua. Mari kita simak penjelasan berikut ini untuk mengatasai masalah listrik seperti di atas (Stop kontak di tespen nyala semua / Phase, netral dan ground tiba-tiba jadi api semua).

Netral dan Ground akan nyala (jadi api) kalau di tespen karena kabel netral tidak terhubung (putus) mungkin karena koneksi kabel instalasi yang tidak baik atau gigitan tikus juga bisa menjadi penyebabnya. untuk mengatasi nya silahkan periksa jaringan kebel instalasi listrik tersebut dan sambung kembali kabel netral yang putus.

Kabel Ground menjadi api karena pada jaringan instalasi kabel netral dan ground di gabungkan (terkoneksi) jadi ketika kabel netral (putus) kedua nya akan ikut menjadi phase (api) ini umum di temui pada instalasi listrik rumah tangga.

Jika tidak ditemukan kabel netral putus pada jaringan instalasi, biasanya masalah nya terdapat pada kabel PLN (Kabel SR dari tiang listrik ke meteran atau Kwh) yang putus "kabel netral". penyebabnya macam-macam bisa pada konektor yang rusak atau putus karena hal lain. konektor kabel SR model lama yang berwarna hitam memang sering rusak makanya PLN tidak pekai lagi konektor tersebut.

Intinya kedua pertanyaan yang buat bingung itu "Stop kontak di tespen nyala semua" dan " Phase atau api stop kontak bagus tapi tidak bisa di gunakan" masalah nya sama "Ada kabel netral yang putus".

Teori nya sederhana jika kabel netral dan ground di gabungkan pada rangkaian instalasi listrik, ke dua nya akan jadi phase (api) ketika kabel Netral putus. karena arus listrik positif (phase) akan terhubung langsung ke kabel netral jika netral nya putus. Apa yang menghubungkan phase dan netral? tentu perangkat electronic seprti steker kulkas atau AC (Air-Conditioner) dan lain lain.

Jika semua steker di cabut maka api pada netral dan ground akan hilang, Namun stop kontak tidak berfungsi meski di tespen nyala (api nya ada) karena kabel netral tidak terhubung (putus). Masalah seperti ini salah satu contoh arus listrik bolak-balik atau AC (Alternating Current). Silahkan hubungkan kembali kabel netral yang putus tersebut untuk mengatasi nya.

Post a Comment

Previous Post Next Post