Contoh Curriculum Vitae Fresh Graduate

Contoh Curriculum Vitae Fresh Graduate - Apa itu fresh graduate? Bagaimana contoh cv fresh graduate? Fresh Graduate artinya adalah lulusan baru atau baru lulus. CV (Curriculum Vitae) Fresh Graduate adalah curriculum vitae lamaran kerja yang tidak dilengkapi dengan surat pengalaman kerja (belum memiliki pengalaman bekerja) karena baru lulus kuliah atau sekolah. Dikesempatan ini saya akan berbagi cara membuat cv fresh graduate atau berkas lamaran kerja bagi mahasiwa/i atau siswa/i sekolah yang baru saja lulus).

Perbedaan CV Fresh Graduate dan Non-Fresh Graduate

Perbedaan yang jelas dari keduanya curriculum vitae fresh graduate dan non-fresh graduate adalah pada status riwayat pekerjaan yang biasa disebut dengan Experience atau Job Experience. Curriculum vitae fresh graduate tidak melampirkan riwayat pekerjaan (experience) dan cekup dengan menuliskan "Fresh Graduate" pada bagian "Experience". Sedangkan curriculum vitae non-fresh graduate wajib melampirkan berkas-berkas riwayat pekerjaan seperti sertifikat dan surat pengalaman kerja.

Namun bagi anda yang baru lulus kuliah/sekolah (fresh graduate) jangan berkecil hati karena meskipun anda tidak memiliki pengalaman kerja dan non-fresh graduate di lengkapi dengan pengalaman kerja yang banyak, bukan berarti non-fresh graduate lebih berpeluang untuk mendapatkan pekerjaan, semua tergantung nasib dan kebutuhan perusahaan, tidak sedikit perusahaan yang lebih membutuhkan fresh graduate dari pada non-fresh graduate, berfikir positif lah!

Kelebihan CV (Curriculum Vitae) Fresh Graduate

Seperti yang telah dijelaskan di atas, meskipun tanpa pengalaman kerja, pelamar kerja dengan cv fresh graduate ternyata tidak kalah diminati oleh perusahaan-perusahaan besar. Dikota batam misal nya, perusahaan-perusahaan electronic lebih memilih pelamar kerja dengan curriculum vitae fresh graduate dan mereka bukan satu perusahaan saja dan bukan pula perusahaan kecil. Rata-rata perusahaan electronic di kota batam adalah perusahaan besar bertaraf international. Kenapa mereka menyukai "fresh graduate" pelamar kerja dengan curriculum vitae fresh graduate sebagai kariawan mereka? Tentu-nya karena kelebiha-kelebihan pelamar kerja fresh graduate berikut ini.
  • Fresh Graduate atau yang baru lulus masih mudah di atur / diarahkan
  • Fresh Graduate belum memiliki banyak urusan penting selain pekerjaan
  • Fresh Graduate bukan berarti tidak memiliki skill atau keahlian
  • Fresh Graduate masih muda dan biasa nya fisik nya juga sehat, dan
  • Banyak lagi yang tidak disebutkan.
Selain di batam saya yakin masih banyak perusahaan lainnya yang mencari dan membutuhkan pelamar kerja dengan curriculum vitae fresh graduate, disini lowongan kerja untuk fresh graduate tidak asing lagi di lihat dan di dengar. Perusahaan electronic disini membuka lowongan kerja namun batas usia maksimal 23 tahun itu  artinya mereka sedang mencari atau membutuhkan pelamar kerja fresh graduate bukan.
Contoh Curriculum Vitae Fresh Graduate
Contoh Curriculum Vitae Fresh Graduate

Cara Membuat CV Fresh Graduate

Untuk membuat curriculum vitae fresh graduate, ada banyak tips atau cara-cara yang dapat dilakukan agar cv anda memiliki kualitas (menampikan kualitas anda) sehingga tidak dipandang sebelah mata, begini cara nya.
  • Buat cv (curriculum vitae) fresh graduate sejujur mungkin
  • Desain cv lebih simple dan lengkap
  • Gunakan bahasa yang baik dan benar (indonesia atau inggris)
  • Sertakan Pengalaman ber-organisasi untuk membuktikan anda dapat menyatu dengan banyak orang (bisa bekerja dengan team)
  • Sertakan kehlian khusus anda lengkap dengan sertifikat (Penting).
Contoh Curriculum Vitae Fresh Graduate


Abdul Somad | Curriculum Vitae (CV)
Kontak | +6281261043687 | tukanglistrikbatam@gmail.com

DATA DIRI

Nama                       : Abdul Somad
Alamat                     : Batam, Batu Aji
Nomer HP                : 081261043687
E-mail                      : tukanglistrikbatam@gmail.com
Tempat Tgl Lahir      : 26 july 1992 Pulau Tanjung
Warga Negara         : Indonesia
Jenis Kelamin          : Laki-laki
Status Perkawinan  : Lajang
Agama                     : Islam

RIWAYAT PENDIDIKAN

1999 – 2005 Sekolah di SD [Nama Sekolah]
2005 – 2008 Sekolah di SMP [Nama Sekolah]
2008 – 2011 Sekolah di SMA [Nama Sekolah]
2016 - Lulus Kuliah s1 di [Nama Fakultas]

RIWAYAT PEKERJAAN

-Fresh Graduate

PENGALAMAN BERORGANISASI

Pernah menjadi skretaris OSIS di sekolah menengah atas [nama sekolah]
Sekarang Merupakan Anggota aktif remaja mesjid [nama mesjid dan alamat]
KETERAMPILAN/KEAHLIAN

Tehknik Listrik disertai (Sertifikat dasar dari sekolah)
Menguasai/Mampu mengoprasikan komputer "Microsoft Office" (Word, Excel, Power Point).

KEPRIBADIAN

Mudah bergaul, ber-etika baik, jujur, teliti, pekerja keras, disiplin waktu dan bertanggung jawab. Demikian penytaan ini benar adanya disampaikan oleh saya dengan sebenar-benar nya dan dengan itikad baik. Hormat saya





(TTD & Nama Anda)    

Terakhir, tempelkan pas photo 4x6 atau 3x4 tepat di samping data diri seperti contoh cv (curriculum vitae) berikut ini [Lihat Detail] pada lembar cv curriculum vitae fresh graduate anda. Selain itu lengkapi juga perlengkapan atau syarat-syarat melamar kerja lain-nya seperti ktp, ijazah, skck dan lainnya dalam bentuk fotocopy.

Post a Comment

Previous Post Next Post