Meta Tag hreflang Dan Cara Penerapan-nya

Meta Tag hreflang Dan Cara Penerapan-nya - Tag hreflang merupakan atribut bahasa pada suatu halaman website, berfungsi untuk memberikan perintah atau akses kepada robot crawl (perayap) untuk menerjemahkan bahasa utama situs ke bahasa tertentu. Selain itu meta tag hreflang juga digunakan sebagai alternatif penerjemah html situs sehingga ketika situs web di akses dari negara tertentu "negara yang ditargetkan", template atau navigasi situs akan menampilkan bahasa khusus sesuai dengan tag hreflang yang diterapkan.

Manfaat tag hreflang itu sendiri adalah sebagai optimasi seo khusunya pengoptimalan bahasa situs pada penargetan internasional maupun regional dan memberikan kemudahan bagi pengguna "visitor" untuk memahami laman web seperti bahasa pada navigasi, footer, sidebar dll.
Meta Tag hreflang Dan Cara Penerapan Nya
Meta Tag hreflang Dan Cara Penerapan Nya

Cara Memasang Tag hreflang

Kode Tag hreflang untuk konten atau laman situs web biasanya ditempatkan pada area header html situs "dianta tag <head> dan </head>, secara default pemasangan tag hreflang adalah seperti dibawah ini;
<head>
<link href='http://en-gb.example.com/page.html' hreflang='en-gb' rel='alternate'/>
<link href='http://en-us.example.com/page.html' hreflang='en-us' rel='alternate'/>
<link href='http://en.example.com/page.html' hreflang='en' rel='alternate'/>
<link href='http://de.example.com/page.html' hreflang='de' rel='alternate'/>
<link href='http://www.example.com/' hreflang='x-default' rel='alternate'/>
</head>
Penerapan tag hreflang "by google" seperti diatas adalah bertujuan untuk penerjemahan pada laman tertentu saja, jika kamu pengguna blogger dan ingin agar seluruh laman situs dapat diterjemahkan kita harus mengkombinasikan tag hreflang dengan meta data situs. Inilah salah satu yang menjadi keistimewaan situs blogger, tag hreflang dapat diterapkan dengan mudah dan gratis tanpa harus menginstall plugin khusus seperti pada wordpress.

Tag hreflang blogger

<link expr:href='data:blog.url' hreflang='en-gb' rel='alternate'/>
<link expr:href='data:blog.url' hreflang='en-us' rel='alternate'/>
<link expr:href='data:blog.url' hreflang='en' rel='alternate'/>
<link expr:href='data:blog.url' hreflang='de' rel='alternate'/>
<link expr:href='data:blog.url' hreflang='x-default' rel='alternate'/>
Simpan atau letakkan tag hreflang dibawah kode <head> pada html situs blog kamu, jika ingin menggunakan lebih banyak tag hreflang silahkan tambahkan baris tag hreflang dengan kode negara tujuan.

Membuat Penargetan Internasional di Search Console

Pastikan kamu sudah menmbahkan situs ke google webmaster atau Search Console, buka tab lalu lintas penelusuran pada Search Console kemudian pilih Penargetan Internasional. Pada tab negara "country" silahkan pilih audiens situs "negara yang ditargetkan".
Membuat Penargetan Internasional di Search Console
International Targeting Search Console
Kemudian pada tab bahasa (language) kamu mungkin akan melihat sebuah peringatan "situs anda tidak memiliki tag hreflang", jangan panik karena jika tag hreflang baru ditambahkan atau situs baru ditambahkan memang akan seperti itu, bersabarlah menunggu robot crawl "perayap google" kembali mengunjungi / merayapi situs, proses tersebut mungkin akan memakan waktu 7 hingga 10 hari. Sambil menunggu perayapan situs pastikan kembali anda telah memasang tag hreflang pada header situs dengan baik dan benar.

Pertanyaan seputar tag hreflang

Apa fungsi tag hreflang='x-default' ? Jawab: tag hreflang='x-default' berfungsi untuk memerintahkan mesin penelusur untuk menampilkan bahasa asli (default) website ketika robot crawl tidak menemukan tag hreflang yang cocok untuk target negara tertentu.

Apakah situs berbahasa indonesia harus menggunakan tag hreflang='id-id'? Jawab: Tidak ada penggunaan hreflang='id-id', Tag hreflang untuk situs lokal atau regional sudah diwakili dengan tag hreflang='x-default', jika situs web berbahasa indonesia maka tag hreflang='x-default' akan meminta perayap untuk menampilkan dan membaca situs dengan bahasa indonesia, begitu juga jika situs berbahasa malaysia, dan negara-negara lain-nya.

Tag hreflang seperti apa yang banyak digunakan oleh situs web "blogger"? Jawab: Belum dilakukan survey secara luas, namun menurut admind tag hreflang yang paling banyak digunakan adalah seperti contoh diatas atau hanya sebaris ini;
<link expr:href='data:blog.url' hreflang='x-default' rel='alternate'/>
Situs web yang hanya menggunakan sebaris tag hreflang='x-default' tidak akan diterjemahkan (ditampilkan dan di baca dalam bahasa asli atau default). Namun harus diketahui bahwa tidak semua mesin penelusur support dengan hreflang='x-default', Mesin telusur tertentu seperti Bing contoh-nya tidak mendukung anotasi rel = "alternate" hreflang = "x".

Situs ini hanya menggunakan sebaris tag hreflang='x-default' saja karena menurut salah satu sumber tag tag hreflang pernah mengalami sedikit masalah, sehingga kami memilih untuk tidak menerjemahkan situs dengan memasang sebaris tag hreflang='x-default' saja meskipun sekarang google telah memperbaiki gangguan kecil tersebut.

Demikian penjelasan mengenai "meta tag hreflang dan cara penerapan nya", semoga artikel ini dapat membantu dan menambah ilmu bagi kita semua, sampai jumpa kembali.

Post a Comment

Previous Post Next Post