Setting Meta Geo Tagging Website (Blogger)

Setting Meta Geo Tagging Website (Blogger) - Sebelum memasang meta geo tagging kedalam html situs sebaiknya kita pahami dulu fungsi dan manfaat geo tagging pada website, meta geo tagging yang ditanamkan ke dalam html situs web sebenarnya bertujuan untuk menentukan lokasi fisik atau lokasi nyata situs (perusahaan atau tempat pengelolaan situs web). Dengan menempatkan geo tag pada halaman Web atau umpan RSS maka kamu telah memberikan informasi kepada pengguna dan mesin penelusur tentang lokasi geografis situs tersebut. Metadata geo tagging juga bisa merujuk ke lokasi halaman dan objek situs seperti keterangan foto, video dll.

Manfaat yang paling nyata yang diperoleh dari metadata geo tagging pada header situs adalah memperkecil atau merampingkan tingkat persaingan seo website di laman hasil pencarian lokal sehingga situs atau bisnis disekitar (lokal) mendapat kesempatan untuk mencul dilaman hasil pencarian google misalnya. Metadata geo tagging sangat efektif (optimal) jika ditempatkan pada situs bisnis seperti restaurant, travel dan semacamnya, Sekarang meta geo tagging sedang di elu-elukan sebagai seo lokal yang praktis, meskipun sebenarnya terkadang robot penelusur juga mengabaikan metadata geo tagging yang tanamkan di dalam situs web karena tingkat akurasi lokasi yang rendah.
Setting Meta Geo Tagging Website (Blogger)
Setting Meta Geo Tagging Website (Blogger)

Contoh Metadata Geo Tagging

<meta content="ID-KR"  name="geo.region"/>
<meta content="Batam"  name="geo.placename"/>
<meta content="1.130078;104.052921" name="geo.position"/>
<meta content="1.130078, 104.052921" name="ICBM"/>

Untuk mendapatkan atau membuat meta geo tagging dengan tingkat akurasi yang tinggi saya sangat menyaran agar menggunakan tool online seperti Geo Tag Generator, dalam beberapa kasus pengelola situs hanya mengcopy metadata  geo tag dari situs lain kemudian menempatnya ke header situs web mereka sendiri. Tentu saja itu perilaku yang salah dan tidak bermanfaat untuk situs web karena meta geo tagging hasil copy akan dianggap tidak akurat sehingga robot penelusur bisa saja mengabaikan-nya.

Meta Geo Tag Untuk Konten Situs Blogger

Saya fikir kamu juga telah memperhatikan fitur lokasi pada bilah samping kanan post editor blogger, prinsip fitur lokasi pada editor post blogger sama halnya dengan meta geo tagging berfungsi untuk menentukan lokasi konten atau post blogger, lokasi yang ditargetkan bisa berupa tempat khusus atau yang lebih umum seperti kota, provinsi atau lokasi negara, seperti contoh pada gambar dibawah ini;
Meta geo tagging post blogger
Meta geo tagging post blogger
Praktek terbaik untuk menentukan geo lokasi kontent situs blogger adalah dengan menyesuaikan-nya dengan topik tujuan artikel, jika kamu menulis tentang jakarta maka sebaiknya geo lokasi artikel juga di tag ke lokasi jakarta. Jika konten adalah bisnis lokal maka penetapan lokasi sebaiknya lebih detail hingga ke tempat fisik bisnis.

Jika situs memuat kontent bacaan yang bersifat umum tidak ada salahnya untuk menambahkan tag lokasi pada artikel atau kita bisa menambahkan properti metadata og:locale yang lebih umum yang di rekomondasikan oleh Open Graph seperti dibawah ini;
<meta property="og:locale" content="en_GB" />
<meta property="og:locale:alternate" content="xx_xx" />
<meta property="og:locale:alternate" content="xx_xx" />
Property og:locale tesebut sangat umum dan opsional untuk objek apapun seperti konten artikel, photo, audio dan video dan umumnya penerapannya sangat disarankan. Kamu dapat mengkombinasikan ketiga metode tag geo lokasi diatas untuk meningkatkan keberadaan situs web dan konten situs di laman hasil peneluran.

Saya fikir ini sudah cukup untuk dijadikan referensi untuk memahami meta geo tagging dan cara setting metadata geo tag pada laman website. Kamu mugkin ingin mempelajari secara spesifik mengenai meta geo tagging di tempat lain, namun saya sangat menyarankan agar kamu mempelajarinya terlebih dahulu pada link resmi yang telah saya lampirkan pada artikel ini untuk mendukung penerapan meta geo tagging pada situs anda.

Post a Comment

Previous Post Next Post