0 Comment
A+ A-

Tips Membuat Deskripsi Artikel Blog - Apa itu deskripsi? Dalam istilah blogging, deskripsi merupakan penyederhanaan data situs dan konten "artikel maupun video" yang disampaikan secara jelas dan singkat (tidak bertele-tele/deskriptif). Setiap situs web/blog diharuskan membuat deskripsi singkat yang menjelaskan tentang web atau blog tersebut dan diharuskan juga memberikan deskripsi pada setiap konten situs "artikel" maupun "video" untuk tujuan pengoptimalan mesin telusur atau SEO (Search Engine Optimization).
Tips Membuat Deskripsi Artikel Blog Beberapa blogger, khususnya pemula mungkin masih bingung bagaimana membuat atau mengisi deskripsi pada artikel blog, maka dari itu disini saya akan memberikan penjelasan lengkap mengenai cara membuat/mengisi teks deskripsi artikel yang baik dan benar.

Pertanyaan Seputar Deskripsi Artikel Blog

  • Apakah teks deskripsi artikel harus berasal dari paragraf isi?
  • Berapa jumlah karakter "huruf" untuk deskripsi artikel yang sesuai dengan kaidah SEO?
  • Bagaimana contoh teks deskripsi?
  • Apa fungsi deskripsi dan tag meta description?
  • Bagaimana contoh deskripsi yang sudah dioptimalkan?
Membuat atau mengisi teks deskripsi artikel blog tidak mesti berasal atau mengambil kutipan dari paragraf isi. Praktek terbaik dalam membuat deskripsi artikel adalah dengan membuat catatan atau teks khusus yang menggambarkan isi artikel secara jelas dan singkat, kemudian

Jumlah huruf yang wajar digunakan untuk mengisi teks deskripsi menurut pakar seo adalah sebanyak 80 hingga 320 karakter/huruf karena kebanyakan mesin pencari lebih suka dan hanya dapat menampilkan deskripsi dalam jumlah karakter sebanyak itu. Meskipun sebenarnya google telah menyampaikan secara jelas bahwa "Tidak ada batas karakter mengenai seberapa panjang teks deskripsi dalam tag meta, namun cuplikan/snippet hasil penelusuran akan dipotong sesuai kebutuhan".

Teks pada deskripsi diharuskan memiliki dua kriteria utama yaitu; informatif (memberikan informasi/penjelasan) dan deskriptif (lengkap dan tidak bertele).

Contoh:
Artikel tentang cara membuat teks deskripsi artikel blog yang sesuai dengan kaidah SEO (Search Engine Optimization).
Atau
SEO Blogger: Panduan lengkap membuat deskripsi blog dan artikel beserta contoh teks deskripsi dan cara penerapannya.
Perlu diketahui bahwa tidak selamanya penelusur seperti google mengambil data dari tag <meta> description, jika dalam artikel terdapat paragraf atau kalimat yang dinilai lebih relevan dengan kata kunci pengguna maka penelusur akan mengabaikan data atau teks deskripsi yang berada dalam tag <meta> description.

Fungsi Deskripsi Pada Artikel Blog

  1. Memberikan keterangan mengenai isi url/laman artikel kepada pengguna
  2. Meningkatkan kualitas artikel di mesin telusur atau SEO (Search Engine Optimization)
  3. Meningkatkan rasio klik tayang "jumlah traffic" dari mesin pencari/hasil penelusuran.
Sedangkan meta description berfungsi untuk menandai teks isi deskripsi yang akan ditampilkan sebagai cuplikan atau snippet di laman hasil penelusuran.
Contoh Deskripsi Yang Dioptimalkan
Contoh Deskripsi Yang Dioptimalkan
Deskripsi yang sudah dioptimalkan tidak akan terpotong dengan titik-titik sedangkan deskripsi yang kurang dioptimalkan akan terpotong dengan titik-titik seperti terlihat pada contoh diatas. Hal itu dikarenakan paragraf atau teks deskripsi berisi kalimat atau kata yang tidak relevan dengan kata kunci pengguna.

Cara Membuat Deskripsi Artikel Blog

  1. Buat Entri atau Artikel Baru, Kemudian
  2. Klik tab "Deskripsi Penelusuran", dan
  3. Isi kotak deskripsi dengan teks yang dapat menggambarkan isi artikel dengan jelas.
Perhatikan contoh berikut;
Contoh Membuat Deskripsi Artikel Blog
Contoh Membuat Deskripsi Artikel Blog
Jika pada posts editor tidak terlihat tab deskripsi penelusuran maka perlu dilakukan pengaturan "mengaktifkan" deskripsi blog terlebih dahulu supaya tab deskripsi penelusuran muncul pada post editor. Lakukan langkah ini untuk menampilkan tab deskripsi pada post editor

Kembali ke Dashboard Blogger > Setting/Pengaturan > Preferensi Penelusuran kemudian pada tab Tag meta deskripsi klik edit dan pilih aktifkan dan isi kotak deskripsi blog anda.

Sekarang periksa post editor blog anda apakah tab deskripsi artikel sudah muncul atau belum, sekedar tips "Pastikan teks deskripsi berisi kata kunci dan bedakan"teks" deskripsi setiap url/artikel karena iss teks deskripsi yang mirip dengan url lain tidak akan bekerja dengan baik "tidak memberi manfaat" untuk laman tersebut".

Pesan Google Terkait Meta Deskripsi - Gunakan deskripsi yang berkualitas dan pastikan deskripsi Anda benar-benar deskriptif (singkat dan jelas). Meta deskripsi tidak ditampilkan dalam halaman yang dapat dilihat pengguna, karena itu menyebabkan konten mudah digeser. Deskripsi yang berkualitas tinggi dapat ditampilkan dalam hasil penelusuran Google dan dapat membantu meningkatkan kualitas dan jumlah traffic penelusuran.