Mengatasi Masalah Data Terstruktur Yang Tidak Dapat Diuraikan

Mengatasi Masalah Data Terstruktur Yang Tidak Dapat Diuraikan - Ketika memeriksa kesehatan situs di search console, kamu mungkin menemukan masalah data terstruktur pada tap penyempurnaan seperti; structured data cannot be described (data terstruktur tidak dapat diurai). Dan mungkin itu menjadi pertanyaan besar yang menghantui pikiran anda. Apa yang dimaksud dengan Data terstruktur tidak dapat diurai dan apa penyebabnya. Bukan rahasia, situs saya juga pernah mengalami masalah penguraian data terstruktur seperti itu dan sekarang saatnya saya bebagi cara mengatasi data terstruktur yang tidak dapat diurai.

Penyebab:
  1. Struktur Data Template Jelek - Meskipun sekarang nyaris tidak ada lagi template dengan struktur data yang jelek tapi itu masih memungkinkan.
  2. Markup konten (Script json-ld atau mark-up schema.org) mengalami konflik dengan title tag atau judul dan data deskripsi.
$ads={2} Sebagai contoh beberapa hari yang lalu saya baru saja menginstal plugin Aggregate Rating atau Star Rating dengan script JSON-LD melalui metode embed, faktanya beberapa hari kemudian setelah google mengcrawl ulang struktur data situs saya, saya menemukan masalah penguraian data terstruktur di beberapa halaman artikel.
Data terstruktur tidak dapat diurai Uniknya sebagian besar halaman tidak mengalami masalah dan mark up data terstruktur berhasil di crawl dan disempurnakan. Tentu saja itu semakin membuat pertanyaan besar di kepala saya apa yang salah pada mark up data terstruktur konten saya?

Dan ternyata penyebabnya sangat sepele yaitu; mark-up data terstruktur atau script json-ld yang saya terapkan mengalami konflik dengan beberapa data deskripsi konten situs. persis seperti yang telah saya jelaskan diatas.
Error penguraian: ',' atau '}' tidak ada
Error penguraian: ',' atau '}' tidak ada

Jadi, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Simple, pertama periksa atau lihat semua url konten yang terpengaruh atau error pada tab "data terstruktur tidak dapat diurai" di search console, kemudian di dashboard situs atau dashboard blogger periksa teks deskripsi apakah terdapat teks yang diapit dengan tanda petik ("..."), seperti terlihat pada contoh berikut.
Data Deskripsi
Data Deskripsi
Selanjutnya ubah atau hapus semua tanda petik "..." yang ada pada data deskripsi, lakukan itu pada semua artikel atau konten yang terpengaruh yang ada di daftar error.

Teks deskripsi yang diapit dengan tanda petik akan mempengaruhi atau merubah mark-up json-ld atau schema.org yang di instal melalui metode embed, sehingga terjadi error penguraian: ',' atau '}' tidak ada (Decomposition error: ',' or '}' does not exist).

Kenapa Itu Bisa Terjadi?

Markup konten json-ld menggunakan tanda petik pada property dan elemen target, jadi jika pada data deskripsi juga terdapat teks yang diapit dengan tanda petik, maka teks tersebut akan dikenali sebagai property mark-up json-ld, simak potongan script json-ld berikut;
<script type='application/ld+json'>
{"itemReviewed": {
"@type":"Product",
"name": "<data:post.title/>",
"sameAs": "<data:post.url/>",
"image": "<data:post.firstImageUrl/>",
"description":"<data:blog.metaDescription/>",
"aggregateRating": {
"@type": "aggregateRating",
"ratingValue": "4.5",
"bestRating": "1",
"ratingCount": "3"}}
</script>
Jika pada data deskripsi tidak terdapat teks yang diapit dengan tanda petik maka pada penguraian data terstruktur seharusnya pada bagian deskripsi akan terlihat seperti berikut;
Mark-up konten json-ld benar (tidak error)
Mark-up konten json-ld benar (tidak error)
Sebaliknya jika pada data deskripsi terdapat teks yang diapit dengan tanda petik, maka mark-up konten akan error seperti terlihat pada contoh berikut;
Mark-up konten json-ld salah atau error (kesalahan tidak dikategorikan)
Mark-up konten json-ld salah atau error (kesalahan tidak dikategorikan)
Secara tidak sengaja, teks yang diapit dengan tanda petik akan terbaca sebagai property mark-up konten, sayangnya teks tersebut mungkin tidak ada dalam property schema.org atau tidak sesuai dengan property mark-up konten yang dimaksudkan dalam script json-ld.

Kesimpulan:

Semua error pada mark-up konten terjadi karena terdapat teks yang diapit dengan tanda petik pada data title dan data deskripsi, dengan catatan mark-up schema.org atau script json-ld sudah diterapkan dengan benar. Jadi jika kamu ingin mengadopsi "Rich Snippets" google dengan metode embed dengan menerapkan mark-up konten json-ld, pastikan tidak terdapat teks yang diapit dengan tanda petik pada judul konten dan data deskripsi agar tidak terjadi error seperti data terstruktur tidak dapat diurai dan kesalahan tidak dikategorikan pada pengujian live data terstruktur.

Sekarang sudah pahamkan kenapa terdapat error data terstruktur di search console dan error json-ld di pengujian data terstruktur? Jika sudah selesai melakukan perbaikan, mintalah search console untuk memvalidasi perbaikan atau gunakan fitur inspeksi url untuk meminta perayapan ulang dan tunggu hasilnya dalam beberapa hari (setelah crawler google merayapi ulang situs anda).

Notes: Script json-ld yang dilampirkan pada artikel ini hanya berupa potongan sebagai contoh pendukung, dalam artian bukan script yang sebenarnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post