Cara Membuat Asinan Mangga Muda

Bagaimana cara membuat asinan dari bahan buah mangga muda? Sebelum kita melihat ke resep asinan mangga muda, sebaik-nya simak dulu nih penjelasan-penjelasan mengenai buah mangga dan variasi makanan apa saja yang bisa di buat dengan bahan baku mangga muda.

Mangga merupakan tanaman nan berasal dari negara India. Mangga ialah buah yang biasa dijadikan sebagai buah meja. Rasanya yang manis dan segar membuat buah ini banyak disukai orang. Selain bisa dimakan langsung begitu saja, buah nan satu ini juga bisa diolah menjadi hidangan lain nan lezat, seperti rujak manis, minuman/jus, dodol, keripik mangga, serta asinan mangga.

Mungkin kamu sudah sering mendengar asinan mangga. Asinan mangga dibuat dari mangga yang masih muda kemudian diberi kuah atau air gula, sehingga menghasilkan rasa asam, manis, dan pedas, waw... sudah kebayangkan segar nya asinan mangga di lidah pembaca borisinil?

Sekarang kita langsung ke cara membuat asinan mangga dan melihat apa saja resep untuk membuat asinan berbahan baku mangga.

Resep Asinan Mangga Muda


Bahan-bahan


  1. 500 gram mangga muda, parut kasar
  2. 100 ml air matang
  3. 150 gram gula pasir
  4. Bumbu yang dihaluskan:
  5. 2 sdm cabai merah iris
  6. 1 sdm bawang putih iris
  7. 2 sdm garam
  8. Bumbu lainnya:
  9. 1 sdm cuka

Proses Pengolahan Asinan Mangga Muda


  • Mangga muda parut, campur dengan ½ sdm garam lalu remas-remas selama 5 menit, cuci dan tiriskan.
  • Rebus 100 ml air dengan bumbu yang sudah dihaluskan hingga mendidih, angkat dan dinginkan.
  • Campur bumbu yang sudah dingin, mangga serut, gula pasir, dan cuka. Aduk hingga rata dan diamkan selama 3 jam.
  • Hidangkan di mangkuk, Selesai.....

Bagi kamu yang sedang hamil dan sedang ngidam, asinan ini dapat dijadikan pilihan anda untuk menghilangkan rasa mual. Bagi anda yang sedang tidak hamil pun dapat makan asinan mangga muda ini. Rasanya yang manis dan asam dapat membuat mata kita melek dan seger kembali. Asinan mangga muda ini lebih enak bila disajikan dalam keadaan dingin sehingga terasa segar dan dingin di lidah dan Selamat mencoba!

Post a Comment

Previous Post Next Post