Pengertian Bioteknologi Modern dan Konvensional

Bioteknologi berasal 2 kata yaitu Bio berarti hidup (dalam bahasa ilmu biologi)  dan Teknologi berarti "benda-benda yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia". Secara utuh Bioteknologi diartikan sebagai teknologi hidup. Apa maksud-nya teknologi hidup? Mari kita simak penjelasan dan contoh bioteknologi berikut ini.

Hasil kombinasi antara biologi dan teknology telah menghasilkan sebuah cabang ilmu baru, yaitu ilmu yang mempelajari mengenai bagaimana cara memanfaatkan makhluk hidup seperti jamur,bakteri, virus dan sebagainya yang dapat dimanfaatkan untuk kemaslahatan kehidupan manusia di bumi ini.

Dimasa sekarang, ilmu bioteknologi sudah sangat berkembang pesat yang pada awalnya hanya "Bioteknologi konvensional" saja. Kemajuan dan penerapan bioteknologi kini sudah merambah pada bioteknologi pertanian, bioteknologi pangan dan bioteknologi modern.


Pengetian Bioteknologi modern


Bioteknologi modern adalah jenis ilmu bioteknologi yang menggunakan alat-alat modern dan bersifat sangat kecil sekali (halus) Bioteknologi modern memiliki ciri-ciri yaitu dengan memanfaatkan teknologi DNA rekombinan. Salah satu contoh Bioteknologi modern adalah memanfaatkan bakteri E.Coli untuk mem-perbanyakan hormon insulin bagi penderita diabetes sehingga kadar gula darahnya dapat dikurangi.

Pada intinya, bioteknologi sudah memanfaatkan teknologi penyambungan dan pemotongan dna dari suatu virus atau bakteri untuk digabung dengan makhluk hidup lainnya agar lebih bermanfaat.

Beberapa contoh lain bioteknologi modern adalah: Bayi tabung, Produksi hormon pertumbuhan manusia (Growth Hormon), Antibiotik, Vaksin Malaria, Hormon BST, Hewan Transgenik, Tanaman Tahan hama, dan Domba Dolly.

Pengertian Bioteknologi konvensional


Bioteknologi konvensional adalah penerapan ilmu bioteknologi dengan memanfaatkan makhluk hidup secara langsung untuk mengubah kandungan gizi dari suatu produk. Praktek "Bioteknologi konvensional" tergolong mudah untuk dilakukan di rumah-rumah.

Contoh Bioteknologi konvensional adalah: Permentasi tempe,  Pembuatan kecap,  Pembuatan oncom dan Pembuatan tape (Permentasi).


Bioteknologi Pada Sektor Pertanian


Praktek penerapan Bioteknologi pada bidang pertanian adalah: Pembuatan kompos atau biogas, kompos adalah salah satu produk bioteknologi pertanian sederhana, sedangkan pembuatan tanaman transgenik, kultur jaringan, biopestisida merupakan contoh dari bioteknologi pertanian yang sudah modern.

Contoh lain: Pembuatan tanaman hidroponik juga berkat ilmu dari bioteknologi pertanian, Tanaman-tanaman hidroponik memiliki keunggulan seperti" "tidak membutuhkan lahan yang luas dan tumbuh lebih cepat".

Baca Juga: Perkembangan Bioteknologi dari Waktu ke waktu

Demikian, penjelasan yang dapat admin sampaikan mengenai pengertian bioteknologi, bioteknologi modern, bioteknologi konvensional hingga ke bioteknologi pada bidang pertanian. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Post a Comment

Previous Post Next Post