6 Tips Bekerja di Depan Komputer Agar Tetap Sehat dan Nyaman

Tips Bekerja di Depan Komputer
Tips Bekerja di Depan Komputer
Pernahkah kamu merasa lelah pada mata dan pusing saat di depan komputer? Pada jaman modern ini, hampir semua orang menggunakan komputer untuk menunjang pekerjaannya. Bahkan pelajar pun memerlukan komputer untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Adanya internet membuat orang bisa mengakses informasi apa saja sehingga mereka tidak bisa lepas dengan komputer. Bahkan banyak orang yang menggunakan komputer untuk mencari hiburan seperti bermain game online.

Terlalu lama berada di depan komputer sebenarnya tidak baik untuk kesehatan. Berikut ini tips bekerja di depan komputer agar tetap sehat dan nyaman.

Perhatikan posisi tubuh - Agar tubuh tetap sehat, perhatikan posisi duduk saat berada di depan komputer. Misalnya saja posisi duduk yang tegak. Jarak mata dengan komputer jangan terlalu dekat. Anda perlu istirahat sebentar setelah lama mengetik agar jemari tidak terlalu lelah.

Gerakkan bagian anggota tubuh - Biasanya orang yang terlalu lama berada di depan komputer akan merasa kram. Untuk menghindari rasa kram, cobalah untuk menggerakkan bagian anggota tubuh sesekali. Misalnya saja dengan memutar leher, meregangkan jemari tangan dan kaki.

Kedipkan mata sesering mungkin - Menatap layar komputer terlalu lama bisa menyebabkan mata menjadi kering. Untuk itu, sangat dianjurkan untuk mengedipkan mata sesering mungkin agar mata tidak perih.

Batasi waktu penggunaan - Anda perlu mengatur waktu penggunaan komputer agar ideal. Misalnya, beri jeda untuk beristirahat sekitar 15 menit untuk lama bekerja 2 jam.

Menjaga pola makanan yang dikonsumsi - Makanan tetap merupakan faktor penting untuk menjaga kesehatan. Biasanya, orang yang banyak bekerja di depan komputer akan senang ngemil. Jika Anda tidak bisa mengontrolnya dengan baik, berat badan akan naik drastis. Obesitas bisa saja terjadi. Selain membuat penampilan tidak bagus, obesitas bisa menyebabkan beberapa macam penyakit pada tubuh.

Olahraga teratur di pagi hari - Orang akan jarang bergerak bila bekerja di depan komputer. Untuk mengimbanginya, berolahragalah secara teratur. Luangkan waktu di pagi hari untuk melakukan olahraga ringan.

Semoga beberapa tips bekerja di depan komputer agar tetap sehat dan nyaman di atas bisa bermanfaat. Tetap prioritaskan kesehatan dalam bekerja ya.

Post a Comment

Previous Post Next Post