0 Comment
A+ A-

Alat - alat cleaning service
Alat - alat Cleaning Servise
Cleaning Service - Merupakan sebuah pekerjaan yang tergolong ke bidang jasa, di indonesia pekerjaan cleaning service berkembang dengan sangat pesat dan terus mengalami kemajuan sehingga bidang ini (cleaning service) telah banyak membuka peluang kerja bagi banyak orang.

Kali ini admin akan menjelaskan hal-hal dasar mengenai cleaning service karena pada umum nya untuk mendapatkan pekerjaan cleaning service, kita akan mengukuti test, ujian soal tentang cleaning service dan pelatihan kerja.

Mau jadi cleaner aja kok repot amat ya? Berapa memang nya gaji cleaning service? mungkin kedua pertanyaan tersebut ada di dalam fikiran kamu saat ini. Dikota besar seperti jakarta, seorang cleaning service mungkin di beri upah sesuai dengan UMK. Dikota batam, gaji cleaning service umum-nya mengikuti umk atau setara dengan Rp: 3.300.000 (2017/2018).

Jenjang karir cleaning service - semua pekerjaan memiliki jenjang karir jika kita menguasi dan mencintai pekerjaan tersebut. Seorang cleaner yang mengetahui jenis-jenis lantai dan cara perawatan nya dengan benar dan menguasai ilmu cleaning service maka tidak mustahil untuk bekerja di kapal pesiar international atau sekedar menjadi pengawas di perusahaan lokal. Jika di yakini bukan tidak mungkin pula untuk memiliki perusahan jasa cleaning service sendiri dan memperkerjakan banyak orang.

Kembali ke topik pembahasan tentang dasar dasar cleaning service dan mengenal istilah - istilah dalam cleaning service.

Dusting - dalam cleaning service, dusting berarti pengelapan atau pembersihan furniture dari debu dan kotoran. Adapun objek yang harus di dusting adalah seperti meja, kursi, lemari, komputer, telphone, jendela dan lainnya. Dusting merupakan pengelapan yang dilakukan secara kering, namun tetap menggunakan chemical (cairan khusus) untuk menjaga warna dan membuat sebuah objek lebih mengkilap.

Alat yang digunakan untuk proses dusting umum-nya sudah sering kita jumpai namun pada istilah cleaning service alat-alat tercebut berganti nama dengan penyebutan berbahasa inggris contoh nya adalah, kain lap dalam cleaning service disebut dengan cleaning cloth.

Chemical yang digunakan juga bervariasi, objek dengan bahan kayu menggunakan chemical kusus untuk kayu (furniture polish) objek dengan bahan stainless maka menggunakan chemical khusus untuk stainless (stainless cleaner) begitu juga dengan alat-alat electronik dan telephone.

Bagaimana sebuah objek dikatakan bersih (sudah di dusting)? untuk menjawab ini seorang cleaner harus mengetahui S.O.P Dusting (standard operating procedur untuk pengelapan) yaitu: Bersih dari debu dan kotoran serta mengkilap (mengkilau). Jika sudah memenuhi SOP barulah sebuah objek dapat dikatakan bersih.

Sweeping - Dalam ilmu cleaning service, sweeping artinya adalah penyapuan. Semua orang mungkin sudah pernah melakukan-nya namun dalam pekerjaan cleaning service alat yang digunakan lebih bervariasi dan menggunakan bahasa inggris.

Alat-alat yang digunakan untuk sweeping (penyapuan)
  1. Dustpan - dalam bahasa indonesia ini disebut dengan serok sampah
  2. Nylon broom atau sapu nilon (sapu biasa) di gunakan untuk penyapuan di area yang sempit
  3. Lobby Duster di gunakan untuk penyapuan di area yang luas,licin dan kering, Lobby Duster di gunakan untuk mengangkat (mengumpulkan) debu yang menempel di lantai. ukuran nya yang lebih lebar dan ringan dapat membuat pekerjaan sweeping selesai lebih cepat. dan
  4. Masih banyak lagi jenis-jenis sapu dalam pekerjaan cleaning service
Damp mopping - damp mopping arti nya adalah pengepelan secara lembab. Alat-alat yang digunakan untuk proses mopping floor (pengepelan lantai) adalah, bucket (single bucket atau double bucket), mopset (kain pel) dan warning sing. Adapun kegunaan warning sing adalah untuk memberi tanda bahwa proses pengepelan sedang berlangsung agar penguni kantor berhati-hati berjalan dan tidak terpeleset.

Chemical yang digunakan adalah floor cleaner atau soklin lantai, nama chemikal bisa saja berbeda tergantung diperusahaan mana tempat kita melamar kerja.

SOP Mopping floor atau dam mooping adalah, bersih dari tanah, debu dan kotoran yang menempel di lantai.

Glass Cleaning - arinya adalah pembersihan kaca, selain furniture dan lantai kaca juga harus dirawat (dibersihkan) setiap hari oleh cleaner. Alat yang digunakan untuk proses pembersihan kaca (glass cleaning) adalah, window washer, window squeegee, botol sprayer, canebo dan telescopic pool jika kaca terlalu tinggi. SOP Glass Cleaning adalah Bersih dari noda, kotoran dan mengkilap.

Toilet Cleaning - Toilet dapat dikatakan bersih jika telah mencukupi tiga syarat yaitu bersih, kering dan wangi. Ketiga syarat tersebut juga menjadi SOP Toilet Cleaning (Bersih dari noda dan kotoran, kering dan wangi/segar).

Alat yang digunakan untuk pembersihan toilet (toilet cleaning) adalah, closet bowl brush (sikat toilet), sponge atau tapas, bucket (ember), floor squeegee, mopset khusus toilet dan peralatan glass cleaning jika di toilet terdapat kaca.

Washing Floor atau Brushing Floor - Washing Floor adalah pencucian lantai dengan bantuan alat yaitu mesin floor polisher jenis low speed, Jika dijelaskan secara detail maka jenis pekerjaan ini akan menjadi pembahasan panjang karena sebelum melakukan pencucian lantai, seorang cleaner harus mengetahui jenis - jenis lantai dan tekhnik perawatan nya agar lantai tidak rusak. Karena tidak semua lantai dapat di cuci dengan mesin floor polisher.

Inilah yang menjadi nilai plus seorang cleaner sehingga ia layak di perkerjakan di gedung gedung mewah, kapal pesiar atau rumah para elit karena lantai yang mereka gunakan umumnya akan bervariasi dan mahal/mewah.