Cara Menghitung Luas Lingkaran Yang Benar

Rumus Matematika - "Cara Menghitung Luas Lingkaran" sebelum masuk ke pembahasan tentang rumus menghitung luas sebuah lingkaran, kami ucapkan selamat datang di situs borisinil.blogspot.com yang mengulas berbagai macam informasi terkait dengan cara menghitung dari berbagai disiplin ilmu yang mungkin kamu butuhkan saat ini.

Rumus Menghitung Luas Lingkaran


Rumus Lingkaran - ketika berada di bangku sekolah dulu tentu kita sudah mengenal istilah rumus luas lingkaran. Tetapi mungkin sebagian dari kita sudah mulai lupa bagaimana cara menghitung luas lingkaran di borisinil kami akan mencoba mengingatkan kembali tentang rumus lingkaran tepat nya adalah rumus menghitung luas lingkaran.

Pada dasarnya rumus keliling dan luas lingkaran memang hampir sama bahkan tidak sedikit barang yang malah terbalik saat menggunakan rumus tersebut, jadi mari kita simak secara seksama tentang cara menghitung luas lingkaran dalam ilmu matematika.

Rumus Luas Lingkaran

Luas Lingkaran = Ï€ x r²

Keterangan :

Ï€ ( phi ) = 3,14 atau 22/7
r             = jari-jari dari lingkaran atau setengah diameter lingkaran, jika jari-jari satuannya meter (m), maka satuan luasnya m².
Rumus Cara Menghitung Luas Lingkaran
Rumus Cara Menghitung Luas Lingkaran


Contoh Soal :

1. Jika di ketahui sebuah roda sepeda motor mempunyai diameter 42 cm. Tentukan luas lingkaran roda tersebut!

Jawab :
d = 42 cm
karena d = 2 kali r maka:
r = d/2
r = 50/2
r = 21 cm
Luas = Ï€ x r²
Luas = 22/7 x 21²
maka Luasnya = 1386 cm²

2. Hitunglah luas lingkaran yang memiliki jari-jari 20 cm !

Jawab :
r = 20 cm
Luas = Ï€ x r²
Luas = 3,14 x 20²
Luas = 1256 cm²

Perlu kita ingat bahwa untuk mengetahui rumus lingkaran ada beberapa tips yang harus anda lakukan seperti harus mengeluarkan jari-jarinya bukan diameternya kemudian perhatikan bahwa 3,14 hanya pendekatan. Namun sebenarnya ada banyak digit setelah tidak diterima sehingga lebih baik antar menggunakan kalkulator.

Tips berikutnya untuk mengingat semua rumus tersebut lebih baik tulis di buku catatan atau lembaran kertas kemudian jika anda tidak mampu menyelesaikan masalah tersebut coba meminta bantuan teman atau anggota keluarga yang sudah ahli.

Demikian saja contoh soal mengenai cara menggunakan rumus dalam menghitung luas lingkaran dan bagaimana cara menghitung yang benar, Semoga bisa bermanfaat untuk anda pertama dalam menambah wawasan matematika kita semua.

Post a Comment

Previous Post Next Post