9 Sumber Penghasilan Para Blogger

Sembilan Sumber Penghasilan Para Blogger - Ketika sedang browsing atau mencari sebuah informasi, sering kali informasi yang bermanfaat justru dari halaman-halaman blog atau blogger. Kenapa demikian? Banyak orang jadi bertanya-tanya, kenapa blogger ini rajin sekali membagikan informasi bermanfaat secara cuma-cuma?
Sembilan Sumber Penghasilan Para Blogger
Sembilan Sumber Penghasilan Para Blogger
Harus kamu ketahui bahwa blogger bukan hanya sekedar berbagi informasi bermanfaat saja, akan tapi mereka juga sebenar-nya sedang melakukan pekerjaan-nya (blogging) melalui kegiatan menulis di situs blog miliknya.

Jika kamu memiliki teman yang berpropesi sebagai blogger tentu pernah lihat mereka mengulas berbagai barang atau dari merek tertentu. Di lain waktu mereka (blogger) juga hadir di acara tertentu dan membagikan cerita tentang aktivitas mereka. Yang mereka lakukan itu adalah merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari situs blog yang mereka kelola.

Penasaran dari mana saja sumber penghasilan para blogger dengan berbagi informasi dan opini di laman blog mereka ? Berikut adalah "9 sumber penghasilan uang profesi Blogger", simak ulasannya dari DuitPintar.com.

1. Menjadi publisher iklan

Publisher iklan adalah seseorang yang memasang iklan di laman web yang seseorang miliki. Salah satu layanan yang biasanya dipakai oleh para blogger adalah Google Adsense.

Google Adsense adalah jaringan periklanan yang disediakan oleh Google. Bagi pemilik website, mereka dapat memasang iklan dari Google pada website mereka. Setiap hasil yang diperoleh akan diakumulasi menjadi uang yang nantinya bisa dicairkan.

Selain adsense, para blogger juga menggunakan iklan dari Propeller Ads sebagai iklan alternatif yang prinsip dan cara kerja nya tidak jauh berbeda dengan google adsense.

2. Mengulas Merek Atau Produk Tertentu

Cara yang satu ini istilah kerennya adalah endorse. Blogger aktif umum-nya berpeluang besar mendapatkan endors. Pemilik merek tertentu bakal mengirimkan produk atau menawarkan jasa yang bisa blogger nikmati secara gratis. Bahkan, tak sedikit blogger yang dibayar untuk mengulasnya di blog. Pemilik merek sendiri lebih suka pilih blogger karena ulasan para blogger yang lebih natural. Ulasan di blog terlihat lebih soft-selling ketimbang iklan di media massa.

3. Jadi Brand Ambassador

Lebih lanjut, pihak brand sekarang tak hanya menyasar selebriti di televisi sebagai brand ambassador. Justru blogger jadi pilihan menarik bagi pihak brand.

Citra blogger yang terus konsisten membagikan ilmu dan informasi bermanfaat membuat pembaca lebih terpengaruh untuk memakai merek yang dipakai oleh blogger tersebut. Biasanya para pembaca pun tak jarang mencari ulasan para blogger mengenai merek tertentu.

Kristina Bazan, misalnya, adalah blogger pertama yang jadi brand ambassador merek ternama, L’oreal Paris. Di Indonesia ada blogger Dian Pelangi yang jadi brand ambassador Hijup. Ada pula Diana Rikasari yang pernah menjadi brand ambassador produk Sony Xperia Z5 Compact.

4. Content Placement

Perbedaan content placement dengan ulasan berbayar di blog pada umumnya adalah, content placement hanya menempatkan artikel saja. Blogger tak perlu menulis lagi, tetapi cukup mempublikasikan artikel yang sudah disediakan pihak pengiklan.

Bayaran content placement ini memang lebih sedikit dibandingkan review. Namun jika blogger punya lebih dari satu blog, tentu sangat membantu.

5. Diundang ke acara launching produk 

Salah satu hal yang paling asyik ketika jadi blogger adalah hampir selalu jadi orang pertama untuk merasakan produk tertentu.

Produknya baru launching dan belum ada di pasaran, blogger sudah jadi orang pertama yang melihat dan mencoba. Tak jarang brand akan membayar para blogger ini. Seru bukan?

6. Koordinator untuk acara blogger

Sebagai informasi, acara launching produk itu tak jarang adalah bentuk kerja sama antara brand dan blogger. Biasanya, pihak brand menunjuk kalangan blogger sebagai koordinator atau orang yang mengurus segala hal terkait acara tersebut.

Tidak kalah dengan blogger yang diundang, blogger yang mengurus acara tersebut juga dibayar cukup tinggi. Tugas mereka mencakup mengumpulkan daftar nama blogger yang diundang. Kemudian, memastikan segala perencanaan lancar saat launching hingga artikel dipublikasikan.

7. Diundang jadi pembicara atau narasumber

Tak hanya meliput, blogger pun kadang menjadi objek yang diliput. Ada beberapa acara yang mengundang blogger sebagai pembicara atau narasumber.

Pihak penyelenggara pilih blogger jadi pembicara karena pengalaman blogger cukup luas terhadap topik yang akan dibahas. Misalnya, jika acara mengenai traveling, maka dipilihlah travel-blogger. Acara parenting, dipilihlah blogger parenting untuk berbagi pengalaman.

Bayarannya juga cukup besar. Belum lagi berbonus nama blogger tersebut semakin dikenal khalayak umum.

8. Dapat tawaran menulis di tempat lain

Tawaran menarik lainnya datang dari perusahaan-perusahaan yang butuh konten untuk situs web mereka. Pihak perusahaan ini sering kali memprioritaskan para blogger untuk menulis di web mereka. Sebab, blogger dirasa punya pengalaman menulis konten bagi pembaca di Internet. Selain menerapkan cara mendapatkan uang dari blog sendiri, blogger merangkap pula jadi content writer.

9. Mengikuti kompetisi blogger

Cara mendapatkan uang dari blog yang ini cocok untuk Anda yang suka kompetisi. Ikutan saja lomba untuk para blogger.

Lomba-lomba blog ini memacu blogger untuk berkompetisi dalam menghadirkan ide dan tulisan terbaik. Hadiahnya tak tanggung-tanggung, mulai dari laptop hingga sepeda motor.

Waw, apakah kamu tertarik untuk memulai propesi sebagai seorang blogger dan meraup untung atau penghasilan dari 9 Sumber Penghasilan Blogger diatas? Jika tertarik kamu bisa memulai nya dari sekarang Klick Disini untuk memulai blogger.

Post a Comment

Previous Post Next Post