Ayo Belajar Membuat Website (Blog)

Belajar Membuat Website - Pernahkah kamu bertanya tentang bagaimana cara membuat website? bagi para pemula yang pernah bertanya tentang membuat website harap untuk mempertahankan pertanyaan tersebut dan jangan sampai hilang dari benak anda karena belajar membuat website adalah ilmu yang sangat penting dizaman now ini. Saya sangat antusias membuat tutorial cara membuat website ini agar semua orang dapat belajar membuat website meskipun pemula.

Cara Buat Akun Blogger (Situs Blog)

Untuk membuat akun blogger dibutuh kan akun gmail karena blogger adalah merupakan salah satu mitra google. Dari blogger kamu dapat belajar banyak hal mengenai cara bikin website kemudian kamu akan mengenal html, java script, css dan masih banyak lagi hingga kamu mampu membuat website propesional. Langsung saja ikuti langkah-langkah membuat situs blog atau akun blogger di bawah ini:
  1. Siapkan satu Akun Gmail, jika belum ada buat disini
  2. Kemudian kunjungi alamat blogger yaitu www.blogger.com
  3. Klik CREATE YOUR BLOG, dan
  4. Masuk-kan alamat gmail anda. kamu akan diarahkan ke lembar membuat profil blogger. ada 2 opsi yang bisa kamu pilih yaitu profil blogger terbatas atau gunakan profil Google+. Pilih Buat profil Google+ saja, isi nama dan tanggal lahir kamu kemudian klick CREATE PROFILE
  5. Selanjut nya save profil dan pilih Lanjutkan ke Blogger
  6. Next untuk membuat blog baru, klick tombol BUAT BLOG BARU
Setelah melewati 6 tahapan-tahapan diatas kamu akan diarahkan ke laman untuk membuat atau mempersiapkan nama situs website atau nama situs blog kamu dan mempersiapkan alamat blog anda. Dalam bahasa lain alamat blog adalah url situs blog (website) seperti terlihat pada gambar dibawah ini.
Belajar membuat website (Situs Blog)
Belajar membuat website (Situs Blog)
Keterangan:
  • Nomor 1 : Isi dengan nama situs blog yang kamau inginkan, misal; Borisinil Shop jika situs blog untuk buat website toko online.
  • Nomor 2 : Isi dengan alamat situs blog kamu, misal borisinilshop.blogspot.com atau atau cukup dengan mengetikkan borisinilshop saja tanpa spasi, secara otomatis alamat blog nya akan menjadi borisinilshop.blogspot.com. Jika ada tanda centang disampingnya berarti alamat blog tersebut tersedia dan dapat digunakan.
  • Nomor 3 : Pilih tema untuk blog baru anda kemudian klick tombol "Buat Blog"
Selamat website atau blog baru anda selesai dibuat. Tapi jangan pergi dulu, setelah Belajar Membuat Website atau situs blog, sekalian donk belajar mengenai feature-feature yang terdapat pada blogger dan belajar bagaimana cara menulis konten di blogger dan lain sebagainya.

Mengenal Fitur-fitur atau menu pada Blogger

Didalam platform blogger terdapat beberapa fitur atau menu yang perlu kamu ketahui yaitu sebagai berikut ini:
belajar membuat website
Mengenal Feature atau Menu Blogger
Keterangan:
  • Tombol Entri Baru: Tombol entri baru adalah tombol untuk menuju laman tempat menulis artikel atau konten blog
  • Pos: menampilkan semua pos atau artikel yang telah anda tulis melaui tombol entri baru. pos yang sudah diterbitkan (di publikasikan dan yang masih berbentuk draft (belum dipublikasikan) akan terlihat pada fitur pos.
  • Statistik: menampilkan informasi statiska situs blog, seperti jumlah penayangan hari ini, kemarin, dan bulan lalu. Selain itu, pada menu itu juga menampilkan informasi mengenai bagaimana pengunjung menemukan situs website atau blog anda.
  • Komentar: menampilkan komentar yang telah diterbitkan, komentar yang masih menunggu moderasi, dan komentar yang tergolong spam.
  • Kampanye: Untuk mempromosikan situs blog anda dengan Adwords (Promosi Berbayar)
  • Laman: Laman berbeda dengan pos atau entri, laman cenderung digunakan untuk memuat informasi situs seperti laman about, disclaimmer atau peta situs.
  • Tata Letak: Untuk kustomisasi tampilan, menambahkan widget (gadget) pada blog anda.
  • Tema: menampilkan pengaturan pada template atau tema blog. Fitur ini juga digunakan untuk mengedit, mengganti template atau tema situs blog.
  • Setelan: menampilkan pengaturan lanjutan pada blog anda, seperti pengaturan dasar, pos dan komentar dan lain sebagainya.
  • Daftar Bacaan: menampilkan postingan terbaru dari situs blog yang anda ikuti (follow).
  • Bantuan: menampilkan bantuan mengenai bagaimana cara menggunakan blog di Blogger.

Membuat Entri atau Konten (Artikel) Blog

Untuk menulis atau membuat konten situs blog selalu gunakan fitur Entri Baru. Simak langkah-langkah membuat postingan atau artikel blog berikut ini.
Cara Membuat Entri atau Konten (Artikel) Blog
Membuat Entri atau Konten (Artikel) Blog
Keterangan:
  • Nomor 1 : Isi Judul Artikel (Kontent) yang ingin kamu buat
  • Nomor 2 : Tempat menulis arikel (Post Blog), Tulis apa yang ingin anda publikasikan disitus blog anda.
  • Nomor 3 : Fitus ini digunakan untuk meng-upload gambar untuk konten artikel blog
  • Nomor 4 : Setelan entri, label untuk mengelompokkan artikel, misal "Baju Anak" buat label baju anak dengan cara mengetik nya pada fitur label kemudian kelompok kan semua artikel yang memuat tentang baju anak, lokasi isi lokasi anda, Deskripsi penelusuran isi dengan penjelasan singkat tenatang topik yang di bahas di artikel (150 huruf saja)
  • Nomor 5 : Publikasikan, tekan tombol publikasikan jika artikel atau konten telah siap untuk di bagikan ke pemirsa blog anda.

Bagaimana Cara Mengganti Template Blogger?

Template default dari blogger mungkin kurang menarik atau kurang cocok untuk website toko online anda, untuk mengganti template situs web blog anda ikuti langkah-langkah berikut ini.
Cara Mengganti Template Blog
Cara Mengganti Template Blog
  1. Download template blogger yang sesuai untuk situs anda, atau lihat koleksi template blogger yang keren disini.
  2. Kembali ke Blogger kemudian klick menu Tema
  3. Pilih Backup / Pulihkan, dan
  4. Klik tombol Choose File untuk mengupload template blogger dalam bentuk file xml yang telah anda siapkan, selesai.
Aturan-aturan blogger, jangan gunakan website blogger anda untuk penipuan, kontent dewasa atau hal-hal ujaran kebencian terhadap sesuatu. Gunakan lah akau blogger atau situs blogger anda untuk hal-hal yang bermanfaat dan bersifat informatif.

Demikianlah cara membuat website atau cara membuat situs blog dengan mudah dan geratis khusus untuk pemula. Mudah mudahan artikel ini dapat membantu anda dalam belajar membuat website yang dimulai dari blogger. Dalami terus ilmu blogger anda hingga anda mampu membuat website propesional dengan domain berbayar.

Post a Comment

Previous Post Next Post