5 Tips Untuk Mengatasi Iklan Adsense Blank (Tidak Muncul)

5 Tips Untuk Mengatasi Iklan Adsense Blank (Tidak Muncul) - Setelah google adsense melakukan banyak perubahan pada kebijakan iklan mereka banyak publisher yang mengalami iklan adsense blank sehingga banyak terdapat slot iklan kosong karena iklan tidak muncul/tidak tampil.

Sebenarnya ini masalah sederhana bahkan google sendiri telah menjelaskan cara mengatasi iklan adsense yang tidak muncul (blank) tetapi mungkin beberapa publisher tidak memperdulikan notifikasi adsense yang dikirimkan melalui dashboard publisher.
Tips Mengatasi Iklan Adsense Blank

Jika kamu adalah salah satu publisher yang mengalami hal ini (iklan adsense blank), sebaiknya periksa dashboard adsense anda dan ikuti petunjuk pembaharuan google adsense, jika tidak ada pemberitahuan silahkan lihat pada url dibawah ini;
https://support.google.com/adsense/announcements/9189068?hl=id

Penyebab Iklan Adsense Blank Dan Cara Mengatasinya

Sebelum ke tahap mengatasi masalah iklan adsense blank sebaiknya mari kita simak terlebih dahulu faktor-faktor apa saja yang menyebabkan iklan adsense blank padahal sebelumnya muncul.

1. Terkena Dampak Pembaharuan Kebijakan Adsense

Perubahan kebijakan google adsense pada 2019 tidak hanya sebatas perubahan pada dashboard dan penghapusan iklan teks saja, algoritma iklan adsense, tepatnya pada bagian "experiment" juga telah diperbaharui sehingga berdampak langsung pada unit iklan dan penayangan iklan.

Maka dari itu sangat disarankan untuk menghentikan/menghapus experiment lama pada unit iklan agar metrik dan jenis-jenis experiment yang baru (yang ditawarkannya saat ini bekerja dengan baik), Setelah menghapus experiment yang lama tunggulah 1 - 2 hari insya allah iklan akan tayang kembali.

Jika iklan masih tetap blank setelah menghapus experiment, disarankan untuk mengganti unit iklan lama dengan unit iklan baru dan dengan ukuran responsive (recommend).

2. Penayangan Iklan Dibatasi

Jika penayangan iklan adsense anda dibatasi biasanya akan ada pemberitahuan baik itu melalui dashboard adsense maupun pemberitahuan melalui email, ini masalah yang serius pembatasan penayangan iklan umumnya dikarenakan rendahnya kualitas trafik situs, tapi ini belum sampai level banned dan masih bisa diatasi.

Untuk mengatasi pembatasan penayangan iklan adsense perbanyaklah membuat konten original dan pastikan pencarian keyword yang dikandung oleh konten memiliki peminatnya sendiri, selanjutnya pelajari SEO untuk mendorong konten masuk ke halaman 1 Google SERP.

3. Traffic Tidak Memadai (Minim)

Jika halaman situs tidak memiliki traffic yang memadai maka iklan adsense tidak akan ditayangkan di halaman tersebut, untuk mengatasi iklan adsense yang blank (tidak muncul) karena minim traffic yang harus dilakukan adalah memperbaharui konten dengan menemukan kata kunci yang tepat atau user friendly untuk konten tersebut.

4. Situs Melanggar Kebijakan Adsense

Selain dua hal diatas pelanggaran kebijakan google adsense juga sering menyebabkan iklan adsense menjadi bank, tetapi biasanya hanya dibeberapa halaman saja yang ditangguhkan penayangan iklan-nya, tergantung seberapa berat pelanggaran yang dilakukan.

Jika ingin bermitra lebih lama dengan google adsense, sebagai publisher yang baik sudah seharusnya kita menghindari segala bentuk kecurangan dan memahami dengan baik semua kebijakan-kebijakan google adsense agar terhindar dari pelanggaran-pelanggaran yang mungkin terjadi secara tidak disengaja ketika mengembangkan situs.

5. Akun Adsense Dinonaktifkan (Banned)

Hal ini sebenarnya jarang terjadi karena satu kesalahan kecil saja google dapat mendeteksi dan langsung memberitahukan jika terdapat konten atau halaman situs yang melanggar kebijakan google adsense, banned hanya terjadi pada publisher-publisher yang bandel dengan tingkat kecurangan diluar batas.

Jika itu terjadi maka jalan satu-satunya agar situs tetap memiliki penghasilan adalah dengan beralih ke alternatif iklan yang lain, kamu dapat mencari informasi di search engine mengenai platform iklan digital yang membayar publisher mereka dengan bayaran tinggi seperti google adsense.

Diluar dari 4 hal diatas yang menyebabkan iklan adsense blank adalah situs dalam proses review dan mungkin juga dikarenakan kesalahan ketika memasang kode iklan adsense. Jika situs dalam masa review tidak banyak yang dapat dilakukan selain terus membuat konten-konten unik dan fresh tetapi jika karena kesalahan pemasangan kode iklan.

Post a Comment

Previous Post Next Post