Cara Agar Artikel Cepat Terindex Di Google

Cara Agar Artikel Cepat Terindex Di Google - Webmasters atau Google Search Console yang baru memiliki fitur "URL inspection" yang memungkinkan pemilik situs untuk meminta pengindeksan cepat dengan mengirimkan url "artikel" yang baru dipublikasikan melalui fitur tersebut. Hebatnya kemampuan indexing pada search console baru ini jauh lebih cepat dibandingkan versi lamanya yang membawa fitur "Fetch as Google", Selain itu melalui search console baru, pemilik situs juga dapat melihat atau memeriksa setiap url situs mereka apakah sudah ada di index google atau belum.

Nah, sekarang "pada tutorial sederhana ini" saya akan membagikan cara meminta pengindexan cepat melalui fitur url inspection agar artikel teman-teman blogger cepat terindex di laman hasil pencarian google.$ads={2}

Langkah-langkah yang harus dilakukan agar artikel cepat terindex di google


  1. Kunjungi link https://search.google.com/search-console
  2. Pilih menu "URL Inspection" dan tambahkan url kemudian tekan Enter
  3. Tunggu proses pemeriksaan url di index google selesai, kemudian
  4. Jika url tidak ada di index google "URL is not on Google" tekan tombol "Request Indexing" untuk meminta pengindexan cepat dan menambahkan artikel ke dalam antrean crawling yang diutamakan (diprioritaskan).
Cara Agar Artikel Cepat Terindex Di Google
Tunggu proses pengindexan selesai dilakukan oleh google, mungkin dibutuhkan waktu sekitar satu hingga dua menit untuk mengindex url artikel.

Setelah proses permintaan pengindexan "request indexing" selesai, cobalah untuk mencari judul artikel melalui penelusur google, jika artikel tidak terlihat di laman hasil penelusuran google cobalah melacaknya dengan pencarian url artikel.
Cara Agar Artikel Cepat Terindex Di Google
Cara Agar Artikel Cepat Terindex Di Google
Terbukti, artikel ini terindex dengan cepat di google meskipun baru dipublikasikan 5 menit yang lalu tanpa melewati proses crawling atau perayapan terlebih dahulu. Selanjutnya kita hanya perlu mengirimkan peta situs untuk membantu google menemukan konten situs dan merayapi-nya secara keseluruhan.

Perlu diketahui bahwa trik ini hanya agar artikel cepat terindex saja dan tidak ada kaitannya dengan SEO (Search Engine Optimization), dan tidak pula menambah posisi ranking url "artikel" di laman hasil penelusuran google.

Mengatasi Masalah Indexing Dan Crawling (Perayapan)

  1. Hindari pencekalan crawling yang berlebihan oleh robots.txt
  2. Perbaiki mark-up struktur data situs
  3. Optimalkan konten situs
  4. Bantu google menemukan situs / konten dengan mengirim sitemap ke search console
Jika empat poin diatas sudah diterapkan dengan benar maka biarkan sisanya menjadi tugas perayap (robot crawl), besar kemungkinan situs atau artikel akan segera di index google tanpa terkecuali. Sekedar info, domain baru atau situs baru umumnya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk proses pengindexan dan perayapan awal, berbeda dengan domain/situs yang sebelumnya sudah ada diindex google.

Tips Agar Artikel Muncul Dihalaman Pertama Google

  • Kenali pesaing keyword anda sebelum membuat artikel
  • Hindari membuat konten yang sangat mirip dengan situs lain maupun situs sendiri
  • Seleksi poin-poin penting pada materi yang akan anda bahas dalam artikel
  • Gunakan long-tail keyword yang lebih relevan dengan keyword utama artikel
  • Buat url yang mengandung informasi lebih jelas dan singkat (deskriptif).
  • Pelajari Cara Membuat Artikel SEO Friendly dan Pengoptimalan Mesin Telusur
Demikian "Cara agar artikel cepat terindex di google", Saya harap ini dapat membantu anda dalam mengatasi masalah indexing dan crawling (perayapan) situs. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali di tutorial yang akan datang.

Post a Comment

Previous Post Next Post