Cara Memasang Lazy Load Adsense

Cara Memasang Lazy Load Adsense - Berdasarkan analisa saya semakin cepat loading situs web maka semakin banyak variasi iklan adsense yang datang ke situs tersebut seperti iklan video, iklan style animasi dan lainnya tentu saja itu merupakan hal baik, akan tetapi perenderan atau loading halaman web akan semakin bertambah berat.

Berbagai cara sudah dilakukan untuk dapat memuat ikan adsense secara dinamis, mulai dari mengurangi bundle adsense, jumlah iklan hingga menggunakan loader js ads. Tapi saya ingin sesuatu yang lebih cepat lagi dari itu, dan saya fikir lazyload adsense merupakan satu-satunya metode yang tepat saat ini untuk mempertahankan visitor.

Karena biasanya situs yang lambat akan menyebabkan visitor hanya membuka satu halaman saja dan kemudian peninggalkan-nya. Saya fikir teman-teman blogger juga ingin menggunakan lazyload adsense ini agar bisa merasakan kecepatan asli perenderan (pemutan) situs yang sudah dioptimalkan selama ini.
Lazy Load Adsense $ads={2} Jadi sebelum menggunakan/memasang lazy load adsense ini sangat disarankan terlebih dahulu untuk mengecek atau menguji kecepatan loading situs melalui PageSpeed Insights, Gtmetrix dan Pingdom Tool supaya kamu bisa mengetahui dengan jelas seberapa besar pengaruh lazy load adsense dalam meningkatkan kecepatan loading situs blog anda.

Script Lazy load Adsense

<script>
var lazyloadads=false;window.addEventListener("scroll",function(){(0!=document.documentElement.scrollTop&&false===lazyloadads||0!=document.body.scrollTop&&false===lazyloadads)&&(!function(){var e=document.createElement("script");e.type="text/javascript",e.async=true,e.src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js";var a=document.getElementsByTagName("script")[0];a.parentNode.insertBefore(e,a)}(),lazyloadads=true)},true);
</script>
1. Pertama tambahkan script lazy load adsense diatas tepat berada diatas kode penutup </body>, selanjutnya agar script bekerja secara maksimal ada beberapa aturan yang harus diikuti yaitu; Hindari pemasangan iklan adsense melalui widget adsense, situs blogger umumnya memiliki fitur widget adsense dan fitur "tampilkan iklan dibawah post". Setelah menggunakan lazy load adsense sebaiknya pemasanga iklan seperti tidak lagi dilakukan. (pasang iklan dengan script atau kode iklan yang diambil dari dashboard adsense).

2. Buang bundle google adsense disetiap unit iklan yang akan dipasang ke situs blog, lihat contoh bundle adsense dibawah ini;
<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"/>
Jadi kode iklan yang akan dipasangkan tanpa bundle akan terlihat seperti dibawah ini;
<ins class="adsbygoogle"
     style="display:block"
     data-ad-client="ca-pub-42094000000"
     data-ad-slot="987277777"
     data-ad-format="auto"></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>

Lazyload adsense diatas sudah mewakili semua bundle iklan, jika pada suatu halaman situs terdapat bundle adsense selain yang di dalam script lazy load maka script lazy load tidak akan bekerja dengan maksimal, meskipun iklan tetap akan muncul.

Apakah Lazy Loading Sesuai Kebijakan Adsense?

Teman-teman blogger yang masih baru bermitra dengan google adsense mungkin sedikit ragu untuk menggunakan lazyload ads karena mungkin khawatir akan menyalahi aturan (kebijakan publisher adsense). Itu hal yang wajar dan artinya kamu adalah mitra yang baik, jadi sekarang mari kita simak sedikit referensi tentang lazyload adsense dan pusat kebijakan publisher.

Google sangat terbuka dengan lazyload adsense, hal itu disampaikan oleh pihak google adsense melalui artikel bantuan google yang berjudul "Praktik terbaik keterlihatan". Pada halaman tersebut google juga menyarankan untuk menggunakan smart loading, juga dikenal dengan sebutan lazy loading. Seperti, menayangkan iklan di bagian bawah halaman hanya saat pengguna men-scroll ke bagian bawah halaman.

Itu manandakan google tidak mempermasalahkan soal penggunaan lazy laod ads untuk pemuatan iklan mereka. Namun menurut google adsense praktik terbaik penggunaan lazyload adsense dalam memaksimalkan keterlihatan iklan adalah dengan menggunakan tag google publisher (GPT).

Konsekuensi

Selalu ada kemungkinan resiko, menggunakan lazyload adsense tak selalu berjalan mulus dan meningkatkan penghasilan iklan. Dalam kondisi tertentu lazyload adsense justru memberikan pengaruh yang kurang baik untuk keterlihatan iklan.
  • Jika digunakan dengan benar, penundaan lazyload dapat meningkatkan keseluruhan persentase keterlihatan. Akan tetapi jika pengguna tidak menggulir ke bawah misalnya, maka slot iklan paro bawah tidak akan dimuat sehingga menyebabkan permintaan iklan yang masuk akan lebih sedikit.
  • Selanjutnya, jika ukuran iklan terlalu besar atau pemuatannya lambat, pengguna tidak akan sempat melihat iklan saat menggulir ke bawah dan iklan mulai dimuat.
Demikian tentang lazyload adsense, tidak ada yang selalu sempurna keculai allah, kita hanya bisa berusaha memberikan yang terbaik untuk pengguna dan sisanya serahkan kepada allah subhanahu wa ta'ala. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali di tutorial selanjutnya, happy blogging.

Post a Comment

Previous Post Next Post