Cara Membuat Accesskey (Keyboard Shortcuts Website)

Cara Membuat Accesskey (Keyboard Shortcuts Website) - Apa itu accesskey? Accesskey merupakan navigasi situs web melalui pintasan keyboard, bertujuan untuk memungkinkan pengguna menavigasi halaman dengan menggunakan pintasan keyboard (keyboard shortcuts). Selain itu menambahkan atau membuat accesskey di situs web juga bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas halaman situs web itu sendiri.

Contoh:

Halaman atau situs blog Borisinil sudah dilengkapi dengan beberapa accesskey (pintasan keyboard), untuk melihat bagaimana kinerja accesskey yang admin terapkan silahkan tekan tombol Alt + P untuk Previous (ke halaman sebelumnya) atau tekan tombol Alt + N untuk Next (halaman selanjutnya) dan Alt + H untuk kembali ke Beranda situs (home) jika kamu menggunakan browser chrome, safari dan opera +15.

Jika menggunkan browser Firefox tekan tombol Alt + Shift + P untuk Previous, Alt + Shift + N untuk Next dan Alt + Shift + H untuk (Home).

Penggunaan accesskey website memang tidak begitu populer dikalangan pengguna, akan tetapi kita perlu menerapkan ini di beberapa bagian elemen guna meningkatkan aksesibilitas situs web yang kita kelola.
Accesskey (Keyboard Shortcuts Website) $ads={2}

Cara Membuat Keyboard Shortcut Website

Sederhana, untuk membuat pintasan keyboard (accesskey) di halaman web kita hanya perlu menambahkan atribut accesskey="key" pada elemen link (<a>) dan elemen tombol (<button>) seperti contoh dibawah ini;
<a accesskey='1' href='url'>Teks Link</a>
Atau pada elemen button
<button accesskey="u">Teks Button</button>
Jika kamu berencana untuk membuat lebih banyak accesskey atau pintasan keyboard di halam web ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya;
  1. Nilai key akses harus unik dan tidak bertentangan dengan pintasan keyboard sistem atau pintasan keyboard browser.
  2. Tidak ada duplikat key akses pada satu halaman web, misal; jika pada link next post sudah menggunakan accesskey='n' maka pada halaman beranda kamu tidak dapat menggunakan nilai key 'n' untuk pintasan keyboard pada elemen pagenumb.
Himbauan: Dianjurkan untuk memberitahu pengguna bahwa ada accesskey, sehingga mereka mengetahui fungsionalitasnya. kamu dapat memberitahukan ini melalui atribut title atau dengan atribut aria-label.

Contoh:
<a accesskey='n' href='url' title='Press Alt + N to open link'>Teks Link</a>
Ketika pengguna mengarahkan kusor ke elemen intektif (link atau button), teks bantu pada atribut title akan memberitahukan bahwa ada accesskey, jika sistem tidak memiliki teknologi untuk memberi tahu pengguna tentang fitur accesskey, dikhawatirkan navigasi accesskey justru membingungkan pengguna ketika secara tidak sengaja mengaktifkan accesskey (kunci akses), adapun terhadap accessibility halaman navigasi accesskey tetap memiliki niali plus. semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Post a Comment

Previous Post Next Post