0 Comment
A+ A-

Cara Menulis Artikel Blog Yang Berkualitas Baik & SEO Friendly - Seperti apakah ciri artikel yang memiliki kualitas baik itu? Sebuah artikel dikatakan berkualitas baik tidak diukur dari posisi (rank) artikel di laman hasil penelusuran search engine, melainkan diukur dari keakuratan informasi yang disajikan di dalam artikel tersebut. Kebanyakan blogger lebih mengutamakan susunan keyword yang menjadi target mereka, tidak sedikit artikel yang terlihat canggung ketika dibaca akibat penempatan keywords yang disusun secara berlebihan.

User (audiens), sebenarnya tidak peduli dengan ranking maupun teknik seo yang diterapkan penulis pada artikel (laman web), mereka lebih mementingkan isi (informasi) yang mereka cari dan kepuasan ketika membaca sebuah artikel, Tentunya teknik penyampaian yang baik dan benar sangat berperan untuk mencapai hal itu, sehingga audiens tidak perlu lagi mencari yang mereka butuhkan di laman web lain dan mereka tidak akan segan-segan merekomendasikan artikel anda ke audiens lain.
Cara Menulis Artikel Blog Yang Berkualitas Baik & SEO Friendly Pada artikel ini saya akan mencoba menjelaskan dan berbagi tips menulis artikel, sekaligus menerapkan apa yang saya tulis hari ini (Cara Menulis Artikel Blog Yang Berkualitas Baik & SEO Friendly).

5 Hal Yang Harus Diutamakan Dalam Membuat Artikel Berkualitas

  1. Kuasai terlebih dahulu materi (konten) yang menjadi topik pembahasan pada artikel yang akan kita tulis
  2. Mengumpulkan poin-poin penting materi yang akan disampaikan dalam artikel sebelum menulis
  3. Membuat Judul Materi dengan bahasa yang jelas (mudah dipahami)
  4. Siapkan konsep penulisan artikel dengan baik dan benar.
  5. Gunakan bahasa "indonesia" yang baik dan benar (sesuai dengan EYD)
3 Poin Yang Harus Diperhatikan
  • Berikan fokus yang kuat pada ini pembahasan materi, Artikel dengan ulasan yang panjang dan tidak memiliki fokus yang kuat pada materi pokok biasanya akan menyebabkan audiens jenuh dan sulit memahami apa yang kita sampaikan dalam artikel.
  • Manfaat kan multimedia seperti video maupun gambar untuk mendukung penjelasan dalam artikel
  • Koreksi kembali kata dan kalimat yang kurang tepat setelah selesai menulis artikel.

SEO (Search Engine Optimization)

Sebenarnya SEO tidak menjamin 100% bahwa konten (artikel) anda selalu di posisi teratas atau selalu di page one (halaman 1 google), Namun jika artikel sudah memiliki semua unsur / kriteria seperti yang telah dijelaskan diatas otomatis artikel akan seo friendly dengan sendirinya dan sangat memungkinkan untuk berada di page one. Mengapa demikian? Mari kita simak alasannya dibawah ini;

Artikel yang panjang dan memiliki fokus yang tinggi terhadap materi yang dibahas secara otomatis akan menciptakan keyword yang sangat berkaitan dengan inti (topik) utama yang dibahas didalam sebuah artikel, sehingga meskipun audiens mengetikkan keyword tunggal (single keyword) di mesin penelusur seperti google, tidak menutup kemungkinan artikel akan muncul di halaman teratas (halaman 1 google).

Peranan SEO (Search Engine Optimization) yang paling banyak dipraktekkan oleh pemain seo papan atas adalah penargetan keyword, bedanya pemain teknik seo sengaja menargetkan keyword utama mereka kepada audiens, sedangkan jika kita menulis artikel dengan pembahasan lengkap fokus, otomatis semua bagian artikel akan berisi keyword cadangan yang mendukung keyword utama (inti artikel).

Tips SEO (Mengoptimalkan Konten atau Artikel)

  1. Sisipkan keyword utama pada judul dan deskripsi artikel (Keyword utama adalah kata kunci yang menggambarkan inti materi pada artikel)
  2. Gunakan Teks Altertive (Alt Image) pada gambar yang di upload kedalam artikel, Google memiliki banyak jenis perayap "Bot" untuk mengindex artikel, salah satunya adalah Googlebot-Image. Alt Image akan menjadi jembatan kepada Googlebot-Image untuk mengenali konten di seacrh engine (penelusur).
  3. Mengawal keyword utama dengan keyword cadangan (Long-Tail Keywords), meskipun artikel yang fokus otomatis menciptakan keyword ada baiknya kita tetap membuat keyword cadangan yang mungkin saja diketik audiens di search engine. Tempatkan Long-Tail Keywords di paragraf tengah dan paragraf akhir artikel.
Long-Tail Keywords adalah kalimat yang berisi kata kunci dan terdiri dari 4 hingga 5 kata atau lebih, Example: Cara Membuat Artikel Yang SEO Friendly
Sekedar pemberitahuan, Long-Tail Keywords atau keyword cadangan tidak harus banyak cukup gunakan satu atau dua Long-Tail Keywords di dalam artikel agar kualitas artikel tetap terjaga. Pelajari cara membuat artikel yang berkualitas dan cara mengoptimalkan konten anda, lihat panduan lengkapnya disini. Semoga bermanfaat....!