Tips Membuat Artikel 1000 Kata (Recommend)

Tips Membuat Artikel 1000 Kata - Kenapa harus 1000 (seribu) kata? meskipun standar artikel blog masih dibawah 500 suku kata, membuat atau menulis artikel seribu kata bahkan lebih sangat disarankan untuk tujuan SEO dan meningkatkan ranking "PageRank" situs di laman hasil pencarian (SERP). Memang tidak mudah untuk menulis atau membuat artikel panjang yang mengandung suku kata sebanyak itu, namun kamu harus bisa merubah mindset itu dan meyakinkan diri bahwa saya mampu membuat artikel 1000 kata.
Bagaimana Caranya?

Iya juga ya, meyakinkan diri mungkin bisa dilakukan tapi bagaimana caranya menulis artikel seribu kata? Untuk itulah artikel ini saya buat, membantu memperluas pemikiran blogger pemula agar memiliki kemampuan mengulas materi dan menciptakan artikel-artikel berkualitas.
Tips Membuat Artikel 1000 Kata $ads={2} 1. Kuasai Materi Terlebih dahulu

Membuat artikel tanpa menguasai materi terlebih dahulu hanya akan mempersulit dan membuat kamu frustasi dalam menyelesaikannya. Itu sebabnya penguasaan materi menjadi poin utama dalam membuat artikel karena dengan menguasai materi kamu tidak akan canggung menjelaskan sesuatu melalui tulisan (artikel).

2. Strategi Penulisan

Apakah strategi dibutuhkan dalam menulis artikel dan Bagaimana strategi yang dimaksud? Ya, sama seperti buku artikel juga membutuhkan strategi yang disebut dengan konsep menulis agar artikel lebih terstruktur dan memiliki kualitas yang baik (enak dibaca), Berikut strategi dalam menulis artikel;
  • Tentukan judul yang lebih ramah atau relevan
  • Kumpulkan poin-poin penting materi yang akan ditulis
  • Kembangkan setiap poin menjadi ulasan materi yang deskriptif
  • Kembangkan judul utama dengan membuat sub-judul yang relevan kemudian isi dengan ulasan yang memberikan penjelasan.
3. Temukan istilah dan bahasa yang sesuai

Untuk mendukung penjelasan dalam materi artikel dibutuhkan istilah dan bahasa yang sesuai "relevan" dengan pokok utama materi, misalnya;
User, Audiens, Pengguna, Pembaca, Orang atau Individu
Setiap penulis disarankan untuk menguasai bahasa yang kaya akan istilah, Pemilihan dan penggunaan bahasa "kata" dengan makna yang sama namun berbeda secara penyebutan sangat mempengaruhi keselarasan dan kualitas penjelasan materi pada artikel.

Contoh;
  • Artikel tentang cara menulis, kata yang lebih relevan dengan "cara menulis" kertas atau kanvas?
  • Artikel tentang kehidupan sosial, kata yang lebih relevan dengan "kehidupan sosial" manusia atau orang?
  • Artikel tentang blogging, penyebutan "audiens" pada "artikel blogging" yang lebih relevan User atau Pengguna?
  • Artikel tentang mesin, kata yang lebih relevan dengan mesin "mekanisme atau "prinsip kerja?
Hal-hal kecil seperti di atas akan menggambarkan kematangan anda dalam mengulas materi yang disampaikan dalam artikel, selain itu pemilihan kata yang tepat "relevan" juga membantu anda dalam menyampaikan suatu materi yang rumit menjadi lebih sederhana, Jika kamu seorang blogger pemilihan kata yang relevan akan memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap SEO (search engine optimization) atau pengoptimalan mesin telusur.

4. Buat Contoh-Contoh Pendukung

Selain memberikan pemahaman kepada pembaca, menyertakan contoh juga membantu anda dalam mengembangkan materi dan memperbanyak kosa kata pada artikel. Namun sebaiknya pilihlah contoh yang lebih dekat kaitannya dengan pokok materi dan dapat menunjang penjelasan yang ingin anda sampaikan.

5. Menambahkan Visual (Komunikasi Melalui Objek Terlihat)

Visual melalui video memang tidak banyak membantu menambah kosa kata pada artikel, namun hal itu dapat menambah kualitas artikel secara drastis baik dimata audiens anda maupun dimata penelusur jika anda menulis di web/blog.

Untuk memperbanyak kosa kata sebaiknya gunakan visual melalui media gambar, seperti pada artikel-artikel kelistrikan yang saya publikasikan di situs ini. Dengan bantuan gambar tentu saja kita mendapatkan objek baru untuk diulas tanpa menghilangkan fokus artikel terhadap materi pokok. Disarankan untuk menggunakan gambar yang benar-benar menunjang / memberikan penjelasan yang lebih akurat pada materi anda.

Apa Kelebihan Artikel Seribu (1000) Kata?

Dari sisi Search Engine Optimizer, artikel seribu kata lebih seo friendly dibandingkan dengan artikel yang hanya berisi sedikit teks. Hal itu dikarenakan artikel 1000 kata secara otomatis menciptakan lebih banyak kata kunci yang lebih natural dan berkenaan dekat dengan materi artikel. Sehingga google atau mesin telusur dapat dengan mudah mencocokkan kata kunci yang dicari oleh pengguna, dengan syarat artikel harus berisi penjelasan yang deskriptif (Lengkap, Jelas dan tidak melebar atau bertele-tele).

Jadi bukan soal seribu kata-nya yang penting melainkan kualitas artikel lah yang lebih penting untuk diutamakan oleh seorang penulis.

6. Terus Berlatih

Keterampilan membuat artikel tidak dapat dikuasai secara instan, dibutuhkan latihan yang cukup lama untuk menulis artikel berkualitas di atas 1000 kata. Selama 5 tahun bergelut di blogger baru di akhir tahun ini saya mampu menulis artikel dengan jumlah kosa kata di atas 1000 tanpa menghilangkan fokus materi, sebelumnya saya sendiri pun malu ketika membaca kembali artikel yang saya publikasikan pada tahun-tahun lalu.

Jadi teruslah berlatih dan jangan berhenti sampai kamu memiliki keterampilan menulis "keterampilan mengulas" yang cukup memadai.

7. Perbanyak Membaca

Salah satu tips yang paling efektif untuk mengembangkan keterampilan membuat artikel adalah dengan membaca dan memperhatikan gaya penulisan artikel yang kamu baca, baik itu makalah, majalah atau artikel blog yang kamu temukan ketika browsing di google.

Selain itu membaca juga akan memperkaya kosakata dan pengetahuan anda, hingga akhirnya kamu memiliki kemampuan yang setara dengan mereka "penulis-penulis profesional".

8. Tujukan Artikel Untuk Pengguna (Pembaca)

Biasanya, artikel yang ditulis dengan sungguh-sungguh dan ditujukan untuk audiens, lebih memiliki banyak kosa kata dan kaya akan penjabaran yang bersifat menerangkan. Dan sebaliknya artikel dirancang untuk mesin telusur justru miskin akan kosa kata karena fokus artikel akan lebih besar terpusat pada kata kunci "keyword" target saja, sehingga artikel sulit untuk menembus seribu kata yang ditargetkan karena penyempitan kata kunci.

Saya pikir kamu juga telah membaca artikel tentang cara membuat artikel 1000 kata dari situs lain yang menyarankan agar melupakan SEO dalam membuat artikel. Pernyataan itu sebenarnya bukan untuk mengabaikan SEO secara keseluruhan melainkan hanya untuk memberikan tekanan motivasi agar kamu fokus dalam membuat artikel dan lebih terpusat untuk mementingkan yang dibutuhkan audiens sehingga artikel yang dihasilkan lebih bernilai.

Hal itu sangat sejalan dengan yang telah disampaikan google pada artikel pusat bantuan mereka.
Tips membuat konten "artikel" seo friendly 1000 kata
Tips membuat konten "artikel" seo friendly

9. Menarik Kesimpulan

Membuat paragraf yang berisi kesimpulan merupakan senjata terakhir untuk mengembalikan fokus artikel jika dinilai sudah terlalu jauh melebar, selain itu kesimpulan juga bermanfaat untuk menampilkan benang merah kepada audiens dari sekelumit tumpukan kata pada artikel dan tentu saja ini menambah sedikit lagi kosakata pada artikel.

10. Koreksi Kembali Tulisan "Artikel" Anda

Penulis profesional harusnya selalu mengoreksi dan membaca ulang artikel yang mereka tulis sebelum dipublikasikan ke publik (audiens) karena bisa saja ada kesalah dalam pengetikan dan pemilihan kata yang kurang sesuai, hal itu dapat meningkatkan harga "kualitas" artikel dan menjaga kenyamanan membaca audiens anda.

Biasakanlah untuk tidak terburu-buru dalam membuat dan menyelesaikan artikel yang anda tulis karena itu akan menjaga kelemahan atau kekurangan anda dari sorotan "audiens".

Kesimpulan: "Membuat konsep yang baik sebelum menulis artikel akan membantu anda mengembangkan materi dengan lebih terstruktur, seo friendly dan mengandung banyak kosa kata"

Demikian "Tips Membuat Artikel 1000 Kata" Semoga bermanfaat dan dapat memberikan referensi yang lebih berharga dalam melatih keterampilan menulis anda dan khususnya untuk saya sendiri.

Post a Comment

Previous Post Next Post