Cara Membuat Tombol Share dengan Plugin ShareThis

Cara Membuat Tombol Share dengan Plugin ShareThis - Tombol share merupakan satu dari sekian banyak widget penting pada sebuah laman website, tombol share menjadi pintasan yang menghubungkan konten situs web dengan website lain dan menghubungkan konten ke permirsa yang lebih luas. Dalam penjelasan sederhananya tombol share merupakan pintasan / penghubung antar situs dan pemirsa. Disitus pribadi saya tukanglistrikpulaubatam.blogspot.com baru saja dipublikasikan tutorial cara membuat tombol reaksi dengan plugin sharethis, dan disini saya akan kembali mengulas tentang plugin sharethis yaitu cara membuat tombol share blogger menggunakan plugin sharethis. Demo Tombol Share via ShareThis bisa dilihat pada situs blog ini.

Langkah-langkah Membuat Tombol Share via ShareThis


  1. Buat akun dan daftarkan url situs ke platform sharethis [Klick Here]
  2. Verifikasi kepemilikan situs dengan memasang javascript sharethis plugins ke dalam html situs web / blog
  3. Selanjutnya pilih menu "share buttons" pada dashboard sharethis kemudian klik "on" untuk mengaktifkan tombol share. Jangan lupa pilih jenis tombol share (StickyInlineCustom atau Image Share Buttons.
Verikasi kepemilikan situs pada akun sharethis
Verikasi kepemilikan situs pada akun sharethis
Setelah situs berhasil di verifikasi dengan akun sharethis maka aneka jenis tombol share siap untuk di install ke situs web blogger anda, ikuti lebih lanjut tutorial-nya di bawah ini untuk membuat tombol share dengan plugin sharethis.

Mengaktifkan dan Menyesuaikan Sticky Share Buttons

  1. Pilih menu "share buttons" kemudian pilih "Sticky Share Buttons" geser tuas ke "on" untuk meng-aktifkan Sticky Share Buttons di situs blog yang sudah di verifikasi.
  2. Jika ingin mengganti tombol share dengan sosial media default silahkan klik tombol sosial media yang ingin ditambahkan kemudian gulir kebawah dan tekan tombol update.
Customized Sticky Share Buttons
Customized Sticky Share Buttons
Kamu juga dapat menyesuaikan posisi tombol share sticky di kanan atau di kiri situs web pada tampilan dekstop atau PC, Sedangkan di perangkan mobile Sticky Share Buttons akan muncul di bagian bawah layar.

Mengaktifkan Tombol Share Pada Gambar Artikel

Untuk mengaktifkan dan menyesuaikan (Customize) Image Share Buttons pada gambar artikel / postingan di situs web, sama cara-nya dengan Sticky Share Buttons, cukup dengan mnggeser tombol menjadi "on", tunggu beberapa saat tombol share akan muncul disetiap gambar yang ada didalam artikel situs.

Memasang Inline Share Buttons di Blog

Inline Share Buttons sedikit berbeda cara pemasangan nya dari kedua jenis tombol share diatas, namun untuk Customize atau penyesuaian tombol share, metode-nya masih tetap sama. Klik aktifkan "on" kemudian Copy kode html Inline Share Buttons yang disediakan. Tempatkan kode tersebut di atas atau dibawah kode <data:post.body/>, Jika kode html Inline Share Buttons di letakkan diatas kode <data:post.body/> template blog maka tombol share akan muncul dibawah judul postingan / artikel, Sebaliknya jika kode tombol share dipasang dibawah kode <data:post.body/> maka tombol share akan muncul dibawah postingan.

Catatan: Didalam template blogger mungkin terdapat 2 hingga 3 hingga 4 kode <data:post.body/> jadi jika terdapat 4 kode <data:post.body/> pasang / tempatkan kode tombol share pada kode no 3, jika hanya terdapat 3 kode <data:post.body/> maka tombol share "Inline Share Buttons" dipasang pada kode yang ke 2 atau cobalah satu-persatu.

Kode Inline Share Buttons ShareThis
<div class='sharethis-inline-reaction-buttons'/>

Custom Share Buttons ShareThis

Dari semua jenis tombol share diatas "Custom Share Buttons" adalah yang paling sulit penerapan-nya karena Custom Share Buttons dipasang secara manual dan benar-benar manual, Jika kamu tidak begitu ahli di html maka sebaik-nya abaikan dulu tombol share yang satu ini.

Saya tidak dapat menjelaskan teknik pemasangan tombol share jenis "Custom Share Buttons" karena saya paham struktur html masing-masing template blogger bisa saja jauh berbeda antara satu dengan yang lain.

Demikian dari saya "Cara Membuat Tombol Share dengan Plugin ShareThis" dan memasang nya di template blog, Dengan plugin sharethis kamu juga dapat memasang tombol follow sosial media di situs blog kamu, meskipun tidak ahli codding kamu dapat memasang nya dengan menggunakan widget html di sidebar situs blog. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali.

Post a Comment

Previous Post Next Post