Contoh Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Kerja

Contoh Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Kerja - Beberapa hari ini special untuk memberikan contoh daftar riwayat hidup kepada para pencari kerja. Saya fikir para pencari kerja perlu melihat contoh daftar riwayat hidup untuk mengisi berkas lamaran kerja mereka. Adapun contoh daftar riwayat hidup yang saya maksud disini adalah cv "curriculum vitae" merupakan berkas lamaran kerja yang memuat daftar riwayat hidup dan daftar riwayat pekerjaan. Di indonesia sendiri ada dua jenis daftar riwayat hidup yang digunakan untuk melamar kerja yaitu daftar riwayat hidup biasa dan cv (curriculum vitae).
Contoh Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Kerja
Curriculum Vitae atau Daftar Riwayat Hidup

Apa itu Curriculum Vitae?

Curriculum vitae sama hal-nya dengan daftar riwayat hidup, bahkan secara terjemahan bahasa, curriculum vitae artinya adalah daftar riwayat hidup, namun sebenarnya curriculum vitae lebih mengarah ke daftar riwayat hidup & daftar riwayat pekerjaan yang dilengkapi dengan bukti-bukti valid.

Sekarang saya akan berbagi 3 jenis daftar riwayat hidup (curriculum vitae) yang saya janjikan untuk dijadikan bahan referensi oleh para pencari kerja dalam membuat surat atau berkas lamaran kerja yang baik dan benar. Adapun 3 curriculum vitae tersebut adalah sebagai berikut;
  1. Curriculum Vitae Fresh Graduate
  2. Curriculum Vitae Bahasa Inggris
  3. Curriculum Vitae Bahasa Indonesia
Keterangan:
  • Curriculum vitae fresh graduate adalah cv lamaran kerja atau daftar riwayat hidup untuk siswa/i atau mahasiswa/i yang baru lulus sekolah/kuliah. Curriculum vitae atau cv fresh graduate memiliki ciri khas yaitu "tidak melampirkan surat pengalaman kerja dan menuliskan "fresh graduate" pada berkas lamaran kerja (curriculum vitae).
  • Curriculum vitae bahasa inggris merupakan berkas/surat lamaran kerja yang ditulis dalam bahasa inggris, untuk jenis pekerjaan tertentu diharuskan untuk membuat surat lamaran kerja berbahasa inggris.
  • Curriculum vitae bahasa indonesia - meski kita berada di negara indonesia tidak sedikit orang masih kurang dalam menggunakan bahasa indonesia, maka dari itu saya juga memberikan contoh cv (curriculum vitae bahasa indonesia) sebagai refernsi anda dalam membuat surat lamaran kerja.
Dari 3 Contoh daftar riwayat hidup diatas silahkan kamu pilih yang mana saja yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda saat ini. Daftar riwayat hidup yang saya bagikan dapat kamu download atau copy atau kamu edit dengan mudah untuk menyesuaikan data diri dan berkas yang akan dilampirkan sebagai kelengkapan berkas lamaran kerja. Jika admid disuruh memilih dari 3 contoh daftar riwayat hidup diatas untuk digunakan melamar kerja maka admid akan memilih daftar riwayat hidup (curriculum vitae) bahasa indonesia karena alasan-alasan berikut ini.
  1. Admin bukan fresh graduate lagi (tidak tergolong dengan orang yang baru lulus)
  2. Tidak berbakat untuk menjadi translator, tour guide, resepsionis hotel international dan propesi keja yang menggunkan bahasa inggris lainnya.
  3. Keterampilan yang admin miliki merupakan keterampilan umum yaitu kuli listrik dan hanya bergerak di dalam negri saja.
Jika kamu memiliki keterampilan lebih atau ingin melamar kerja yang lebih (jabatan atau propesi) yang akan dilamar diatas superpesor atau menjadi staf office maka gunakan surat lamaran kerja (cv) bahasa inggris, atau cv fresh graduate berbahasa inggris. Demikan arikel "Contoh daftar riwayat hidup", Semoga bermanfaat dan salam sukses buat anda.

Post a Comment

Previous Post Next Post