Meta Keywords Blogger

Meta Keywords Blogger - Dalam dunia blogger penggunaan Meta Keywords masih menjadi alternatif yang populer untuk optimasi seo sebuah laman website. Meskipun sebenarnya pada tahun 2018 meta keywords tidak lagi menjadi prioritas besar dalam algoritma google. Tidak jelas apakah meta keywords benar-benar ditiadakan dari system penelusur google namun perubahan algoritma google kini digadang-gadang lebih memprioritaskan Meta Tittle dan Meta Description untuk menampilkan hasil yang lebih relevan pada laman hasil pencarian-nya.

Namun demikian bukan tidak mungkin meta keywords masih memberi sedikit pengaruh dan masih berfungsi untuk menginformasikan topik pembahasan sebuah laman web kepada googlebot. Sejauh ini algoritma google masih menjadi rahasia besar demi menjaga penyalahgunaan yang bisa saja terjadi pada system mereka salah satunya adalah dengan memanfaatkan meta keyword.
Meta Keywords Blogger
Meta Keywords Blogger
Pentingkah Meta Keywords Dalam Optimasi SEO?

Diluar dari yang telah dijelaskan diatas, meta keywords masih menjadi bagian penting dalam mengoptimalkan keterlihatan konten situs di laman hasil penelusuran (SEO/Search Engine Optimization) karena penelusur bukan hanya google saja, masih ada Yahoo / bing, Yandex, Ask, DuckDuckGo dan masih banyak lagi penelusur selain google yang mungkin saja masih memanfaatkan meta keyword dalam system pencarian mereka.

Bagaimana Cara Memasang Meta Keywords?

Pada tutorial ini saya akan membagi metode penerapan meta keywords menjadi dua bagian yaitu meta keywords otomatis dan meta keywords dengan ejaan (manual). Sedangkan untuk pemasangan tag <meta> keywords tetap diletakkan diantara tag pembukaan <head> dan penutup </head>.

Meta Keywords Otomatis

Memasang meta keywords otomatis dapat ditargetkan ke dua keyword target yang berbeda yaitu dengan menjadikan judul artikel atau deskripsi artikel sebagai keyword target. Metode penerapan meta keywords otomatis ini sangat sesuai dengan prinsip seo on page jadi sebaiknya jangan lupa untuk menyertakan keyword utama pada judul dan deskripsi artikel jika menggunakan meta keywords otomatis ini.
<meta expr:content='data:blog.pageTitle' name='keywords'/>
atau
<meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='keywords'/>
Catatan: Gunakan salah satu meta keywords saja, jika ingin menjadikan judul sebagai keyword maka gunakan meta keywords yang paling atas, jika ingin menargetkan deskripsi sebagai keywords maka gunakan meta keywords yang ke dua (bawah).

Tips: Jika menggunakan meta keywords otomatis (merupakan gabungan antara meta tag dan metadata) di sarankan agar memasuk-kan keyword utama pada judul dan deskripsi konten/artikel.

Contoh situs blogger / blogspot yang menggunakan meta keywords otomatis seperti diatas adalah strukturkode.blogspot.com dan arlinadzgn.com. Jika meta keywords tersebut dilihat melalui view-source halaman maka meta keywords tersebut akan menjadi seperti contoh dibawah ini:
Meta Keywords Blogger
view-source: meta keywords blogger
Meta Keywords Manual (Ejaan)
<meta content='keyword1, keyword2, keyword3' name='keywords'/>
Contoh penggunaan meta keywords ejaan (manual) dalam html situs web adalah seperti dibawah ini.
<meta content='optimasi seo, blogger, template' name='keywords'/>
Tips: Agar meta keyword tersebut relevan dengan konten situs sebaiknya konten / artikel tidak keluar dari 3 keyword target yang ada didalam meta keywords tersebut.

Demikian yang dapat saya jelaskan mengenai meta keywords blogger dan cara penerapan-nya (meta keywords otomatis dan manual/ ejaan), semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan blogging bagi kita semua. Gunakan navigasi atau search box situs ini untuk melihat artikel yang memberikan reference serupa.

Post a Comment

Previous Post Next Post